Tinjauan Wizarah dalam Fiqh Siyasah Dusturiyah terhadap implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 3 Tahun 2020 terhadap penerapan parkir elektronik: studi kasus di Pasar Kota Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falachi, Muhammad Rafli Alfan (2023) Tinjauan Wizarah dalam Fiqh Siyasah Dusturiyah terhadap implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 3 Tahun 2020 terhadap penerapan parkir elektronik: studi kasus di Pasar Kota Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rafli Alfan Falachi_C94218093 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tinjauan Wizarah Dalam Fiqh Siyasah Dusturiyah Terhadap Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 3 Tahun 2020 Terhadap Penerapan Parkir Elektronik (Studi Kasus Di Pasar Kota Gresik)”. ini adalah hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 3 Tahun 2020 terhadap Penerapan Parkir Elektronik di Pasar Kota Gresik?, 2) Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 3 Tahun 2020 terhadap Penerapan Parkir Elektronik di Pasar Kota Gresik?. Penelitian yang dilaksanakan ini termasuk penelitian dengan metode empiris dengan pola pikir deduktif, Metode deskriptif analitik yaitu penelitian yang bertujuan mengumpulkan data, kemudian dianalisis untuk diambil kesimpulan. Adapun pola pikir yang digunakan penarikan kesimpulan dalam penelitian ini adalah pola pikir deduktif yang menerangkan data secara umum kemudian dibahas secara khusus. Dari hasil penelitian ini yang dilakukan oleh penulis bahwa, Penerapan Parkir Elektronik berdasarkan Pasal 36 dan 38 Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan dan Retribusi Parkir di wilayah Pasar Kota Gresik belum maksimal, dikarenakan sosialisasi tidak tersampaikan dengan baik yang berakibat pada ketidaktahuan masyarakat khususnya pengguna jasa parkir terkait penerapan parkir elektronik dengan sistem pembayaran QRIS yang akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik. Dalam observasi yang peneliti lakukan dapat disimpulkan dan diberi saran bahwa, penerapan parkir elektronik sejalan dengan tujuan Fiqh Siyasah Dusturiyah dan teori wizarah (wazir al-tafwidh) namun dalam realitanya penerapan parkir elektronik di Pasar Kota Gresik belum maksimal karena sosialsiasi tidak tersampaikan dengan baik yang berakibat ketidaktahuan masyarakat terkait penerapan parkir elektronik. Dan kepada Pemerintahan Kabupaten Gresik khususnya Dinas Perhubungan yang memiliki wewenang dalam mengelola parkir khususnya di wilayah pasar dapat mengatasi permasalahan yang dikeluhkan oleh masyarakat khususnya pengguna jasa parkir Pasar Kota Gresik dengan cara meningkatkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dan juga menginformasikan ulang terkait penerapan parkir elektronik dengan sistem pembayaran QRIS. Dan diharapkan kepada pihak Juru Parkir agar menyampaikan keluhan masyarakat khususnya pengguna jasa parkir ke Dinas Perhubungan agar segera ditindaklanjuti dan dicarikan solusi yang lebih tepat dan efisien sebagai pengganti metode pembayaran QRIS tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falachi, Muhammad Rafli Alfanraflifalach13@gmail.comC94218093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTutik, Titik Triwulantt_titik@yahoo.com2029036801
Subjects: Fasilitas Umum
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Wizarah; Peraturan Daerah; parkir elektronik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Muhammad Rafli Alfan Falachi
Date Deposited: 01 Nov 2023 05:40
Last Modified: 01 Nov 2023 05:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60448

Actions (login required)

View Item View Item