Analisis Social Return On Investment (SROI) dalam pendayagunaan dana zakat pada program Gerobak Tangguh di LAZNAS Daarut Tauhiid Peduli Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rufaedah, Dina Anisya (2023) Analisis Social Return On Investment (SROI) dalam pendayagunaan dana zakat pada program Gerobak Tangguh di LAZNAS Daarut Tauhiid Peduli Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Anisya Rufaedah_G95219049 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dina Anisya Rufaedah, G95219049, “Analisis Social Return On Investment (SROI) Dalam Pendayagunaan Dana Zakat Pada Program Gerobak Tangguh di LAZNAS Daarut Tauhiid Peduli Surabaya”, Program Strata Satu, Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2022. Dalam mengukur sebuah keberhasilan program ekonomi guna menyejahterakan para penerima manfaat dengan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang usaha kuliner di lembaga amil zakat tentunya banyak sekali metode yang dilakukan. Namun, berbeda dengan metode terkait pengukuran keberhasilan pendayagunaan yang baru dirumuskan ini, salah satunya yaitu metode Social Return On Investment (SROI). SROI dikemukakan oleh Jeremy Nicholls, Eilis Lawlor, dan Eva Neitzert yang berasal dari Amerika Serikat (U.S). Penelitian menggunakan field research atau penelitian di lapangan yaitu di LAZNAS DT Peduli Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Methods atau penelitian campuran antara metode kualitatif dengan kuantitatif untuk digunakan secara bersama-sama dalam suatu kegiatan penelitian, sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliable dan objektif. Kemudian teknik pengolahan data dilakukan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi. Teori yang digunakan yaitu teori Social Return On Investment (SROI) dan Pendayagunaan Zakat Produktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Social Return On Investment (SROI) yang dihasilkan berdasarkan perbandingan antara present value, dampak, dan nilai input sebesar 2,57 : 1 artinya Rp 1 yang di investasikan akan menghasilkan keuntungan sebesar Rp. 2,57 bagi pemangku kepentingan. Manfaat yang dihasilkan melebihi besaran investasi yang dilakukan sehingga Program Gerobak Tangguh di LAZNAS DT Peduli Surabaya dapat dikatakan berhasil memberikan dampak positif bagi stakeholders.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rufaedah, Dina Anisyadinarufaedah@gmail,comG95219049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitisitimusfiqoh@uinsby.ac.id2013087601
Thesis advisorSyihabuddin, Atoksyihabuddin2008@gmail.com201603317
Subjects: Zakat
Keywords: Social return on investment; zakat produktif; LAZNAS DT Peduli Surabaya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Dina Anisya Rufaedah
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:08
Last Modified: 14 Apr 2023 06:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60464

Actions (login required)

View Item View Item