Perilaku memilih pemilih pemula pada Pilkada di desa Gondanglor Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan Tahun 2020: studi tentang faktor latar belakang sosial, figur dan alasan rasional

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Avivah, Atik Nur (2023) Perilaku memilih pemilih pemula pada Pilkada di desa Gondanglor Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan Tahun 2020: studi tentang faktor latar belakang sosial, figur dan alasan rasional. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atik Nur Avivah_I91218065 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat rumusan pokok masalah. Pertama, adalah apakah perilaku memilih pemilih pemula di Desa Gondanglor dipengaruhi faktor latar belakang sosial. Kedua, apakah perilaku memilih pemilih pemula di Desa Gondanglor dipengaruhi faktor figur. Ketiga, apakah perilaku memilih pemilih pemula di Desa Gondanglor dipengaruhi faktor alasan rasional. Keempat, faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap perilaku memilih pemilih pemula di Desa Gondanglor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perilaku memilih pemilih pemula di Desa Gondanglor Kecamatan Sugio pada Pilkada Kabupaten Lamongan tahun 2020 dipengaruhi faktor latar belakang sosial, figur dan alasan rasional, dan faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap perilaku memilih pemilih pemula. Penulis berargumen bahwa perilaku memilih pemilih pemula cenderung dipengaruhi faktor figur, yaitu perasaan dekat dengan calon, kedekatan dengan calon, kepribadian, pengalaman dan kemampuan calon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi mengambil dari pemilih pemula dengan rentan usia 17-20 tahun. Sampel dari penelitian ini berjumlah 70 orang, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel “multistage cluster random sampling” adalah pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak dari klaster secara bertahap yaitu berdasarkan dusun, agar pemilih pemula di setiap dusun di desa Gondanglor dapat terwakili dalam sampel. Analisis data menggunakan Statistik Deskriptif yaitu Crosstab (tabel silang). Dari hasil analisis didapatkan bahwa perilaku memilih pemilih pemula pada Pilkada di Desa Gondanglor Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan tahun 2020 dipengaruhi faktor latar belakang sosial, terutama pemilih pemula laki-laki dengan nilai prosentase rata-rata 34%, berumur 19 tahun 35%, dengan pendidikan SMP 37% dan sebagai pelajar/mahasiswa 35%. Faktor figur, terutama pemilih pemula laki-laki 58%, berumur 18 tahun 60%, dengan pendidikan SD 70%, sebagai pegawai negeri dan beragama protestan masing-masing 80%. Faktor alasan rasional, terutama pemilih pemula perempuan dan berumur 19 tahun dengan nilai prosentase rata-rata masing-masing 48%, dengan pendidikan SD 50%, sebagai pegawai negeri dan beragama protestan masing-masing 67%. Dari ketiga faktor tersebut kecenderungan perilaku memilih pemilih pemula lebih dipengaruhi oleh faktor figur yaitu sebesar 53 %, terutama pengalaman calon 62,9% dan kemampuan calon 60,0%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Avivah, Atik Nuratiknuravivah22@gmail.comI91218065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHolilah, Holilahmissholilah@gmail.com2018107602
Subjects: Kepala Daerah
Perilaku
Pemilihan Umum
Keywords: Perilaku; memilih; pemilih pemula
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Atik Nur Avivah
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:01
Last Modified: 14 Apr 2023 06:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60469

Actions (login required)

View Item View Item