Pemanfaatan pektin kulit buah kluwih (Artocarpus camansi) dengan penambahan kitosan dari cangkang kupang (corbula faba) dan plasticizer gliserol sebagai pembuatan plastik biodegradable

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habiba, Hafi Nur (2023) Pemanfaatan pektin kulit buah kluwih (Artocarpus camansi) dengan penambahan kitosan dari cangkang kupang (corbula faba) dan plasticizer gliserol sebagai pembuatan plastik biodegradable. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hafi Nur Habiba_H91218043 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia menjadi penyumbang sampah terbesar di dunia kedua. Hal tersebut dikarenakan seringnya penggunaan plastik konvensional yang memiliki sifat sulit terdegradasi. Salah satu cara alternatif dalam meminimalisir penumpukan limbah plastik, yakni dengan penggunaan plastik biodegradable (bioplastik). Bioplastik terbuat dari bahan organik yang dapat menciptakan film dengan rantai kimia yang pendek, sehingga lebih mudah terdegradasi. Pada penelitian ini dilakukan isolasi pektin pada kulit kluwih sebagai pembentuk film bioplastik dan zat adiktif digunakan plasticizer gliserol dan isolasi kitosan pada cangkang C. faba. Tujuan dilakukannya penelitian ini yakni, untuk mengetahui pengaruh perlakuan variasi konsentrasi pektin kulit kluwih (5 gr, 10gr, 15 gr) dengan variasi rasio zat adiktif gliserol : kitosan cangkang kupang (1:1, 2:1, 1:2), terhadap parameter uji karakterisasi uji ketahanan air, uji biodegradabilitas, uji mekanik (kuat tarik dan elongasi), dan uji FTIR. Pengujian analisis SPSS menggunakan Kruskal Wallis dilakukan pada uji mekanik bioplastik (kuat tarik dan elongasi). Hasil penelitian yang telah dilakukan yakni, ketahanan air berkisar 23%-63%, kuat tarik 9,64 MPa-24,54 MPa, elongasi 0,03%-0,13%, dan biodegradabilitas dalam waktu 15 berkisar 70%-91%, dan uji FTIR menangkap adanya gugus N-H, -OH, C-H, C≡C, C=O, dan C-C.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habiba, Hafi Nurhabibahafi14@gmail.comH91218043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id2006089002
Subjects: Biologi
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian

Teknik Lingkungan
Keywords: Bioplastik; kulit Kluwih (A. camansi); cangkang Kupang (C. faba)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Hafi Nur Habiba
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:40
Last Modified: 14 Apr 2023 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60471

Actions (login required)

View Item View Item