Pengembangan perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek mengacu pada Kurikulum Merdeka untuk membangun karakter pelajar Pancasila

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pertiwi, Dinda Putri (2023) Pengembangan perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek mengacu pada Kurikulum Merdeka untuk membangun karakter pelajar Pancasila. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Putri Pertiwi_D94218050 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pada platform merdeka belajar dijelaskan bahwa matematika merupakan pengetahuan belajar berpikir logis yang dibutuhkan manusia dalam hidup untuk mendasari perkembangan teknologi modern. Hal ini sejalan dengan pengertian dari pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran berbasis proyek adalah metode pengajaran yang melibatkan siswa dalam mempelajari keterampilan dan pengetahuan melalui pengalaman nyata untuk menghasilkan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran matematika berbasis proyek mengacu pada kurikulum merdeka untuk membangun karakter pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan dan tahap evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Gema 45 Surabaya pada kelas X-2 dengan jumlah 38 siswa dengan materi statistika. Desain penelitian yang digunakan adalah One Short Case Study dengan teknik pengumpulan datanya yaitu catatan lapangan, validasi, observasi, angket dan teknik tes. Setelah data tersebut diperoleh, data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Proses pengembagan perangkat pembelajaran pada tahap analisis, diperoleh informasi tentang karakter peserta didik. Tahap perancangan, peneliti merancang modul ajar dan tugas proyek yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Tahap pengembangan, peneliti mengembangkan perangkat dengan menggunakan masukan dari validator. Tahap penerapan, peneliti menerapkan perangkat kepada siswa kelas X-2 SMA Gema 45 Surabaya. Tahap evaluasli, peneliti melakukan penilaian dan evaluasi seberapa valid, praktis dan efektif perangkat yang telah dibuat. (2) perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan rata- rata total skor kevalidan modul ajar sebesar 3.50 dan lembar tugas proyek sebesar 3.57. (3) perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” pada kriteria “A” dengan rata- rata skor kepraktisan modul ajar sebesar 87.88 dan lembar tugas proyek sebesar 89.29 yang berarti dapat digunakan tanpa revisi. (4) perangkat pembelajaran dinyatakan “efektif” untuk membangun karakter pelajar Pancasila. Karakter pelajar pancasila yang dicapai ialah kegotong- royongan, bernalar kritis dan kreatif. Hal ini dapat dilihat pada beberapa aktivitas siswa yang menunjukkan kegiatan untuk membangun karakter pelajar pancasila.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pertiwi, Dinda Putriputri911dinda@gmail.comD94218050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Metode
Pancasila
Keywords: Model pembelajaran berbasis proyek; tugas proyek; kurikulum merdeka; pelajar Pancasila
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dinda Putri Pertiwi
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:14
Last Modified: 14 Apr 2023 06:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60487

Actions (login required)

View Item View Item