Tinjauan yuridis dan fiqh siyasah terhadap peran dan tanggung jawab Kemenpora dalam pemenuhan kesejahteraan atlet berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdi, Ahmad Nur (2023) Tinjauan yuridis dan fiqh siyasah terhadap peran dan tanggung jawab Kemenpora dalam pemenuhan kesejahteraan atlet berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabay.

[img] Text
Ahmad Nur Abdi_C94219068 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kementerian Pemuda dan Olahraga selaku Kementerian Negara yang memiliki tugas menyelenggarakan pemerintahan di bidang keolahragaan memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemenuhan kesejahteraan kepada atlet yang selama ini kesejahteraannya masih belum terpenuhi karena masih belum adanya regulasi yang mengakomodasi kesejahteraan atlet, dengan adanya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan, di harapkan dapat menjadi regulasi yang mengakomodasi kesejahteraan atlet. Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan terkait bagaimana tinjauan yuridis dan fiqh siyāsah terhadap peran dan tanggung jawab Kemenpora dalam pemenuhan kesejahteraan atlet berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan. Data penelitian ini di himpun menggunakan teknik library research dengan statute approach dan conceptual approach. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan deskriptif deduktif yang selanjutnya disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang konkret mengenai peran dan tanggung jawab Kemenpora dalam pemenuhan kesejahteraan atlet berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan, yang kemudian data tersebut di olah dan di analisi dengan menggunakan teori hukum Islam, siyāsah dustūrīyah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemenuhan kesejahteraan kepada para atlet. Kedua, terkait tinjauan fiqh siyāsah terhadap peran dan tanggung jawab Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam pemenuhan kesejahteraan atlet sejalan dengan fiqh siyāsah khususnya siyāsah dustūrīyah. Penulis memberikan saran, pertama Kemenpora untuk menjalankan pemenuhan kesejahteraan atlet dengan baik, kedua pemenuhan kesejahteraan hanya di dapatkan oleh para atlet yang berprestasi, seharusnya Kemenpora juga membuka peluang bagi para atlet yang masih belum berprestasi untuk mendapatkan kesejahteraan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdi, Ahmad Nurabdiest01@gmail.comC94219068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHabibi, Miftakhur RokhmanUNSPECIFIED2016128801
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Kesejahteraan Sosial
Kepemimpinan
Keywords: Kesejahteraan atlet; olah raga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Abdi Ahmad Nur
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:31
Last Modified: 28 Mar 2023 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60495

Actions (login required)

View Item View Item