Pengembangan model pembelajaran probing-prompting untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas VI MI Mardhotillah Pamekasan Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laila, Ida (2022) Pengembangan model pembelajaran probing-prompting untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas VI MI Mardhotillah Pamekasan Madura. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ida laila_02041020005.pdf

Download (957kB)

Abstract

Kurang terlibatnya siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris membuat keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa rendah, hal tersebut ditandai dengan adanya siswa yang pasif serta kurang memiliki semangat dalam proses pembelajaran. Sehingga diperlukan sebuah variasi pembelajaran yang melibatkan antar siswa secara berpasangan dengan pendekatan kontruktivistik. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan desain pengembangan model probing-prompting, menguji kelayakan model probing-prompting, mendeskripsikan implementasi model probing-prompting, dan menunjukkan efektivitas model probing-prompting yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Developement dengan model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas VI MI Mardhotillah Pamekasan Madura. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif, validitas dan efektivitas. Hasi penelitian ini adalah (1) Desain model yang dikembangkan memiliki acuan berupa kondisi siswa, karakteristik materi dan juga model pembelajaran probing-prompting. (2) Desain yang telah dikembangkan layak digunakan berdasarkan validasi oleh ahli model pembelajaran dan ahli materi pembelajaran. (3) Penerapan model pembelajaran probing-prompting yang telah dikembangkan ini berhasil mendapatkan kategori sangat baik berdasarkan respon guru dan juga siswa. (4) Model pembelajaran probing-prompting ini efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VI MI Mardhotillah berdasarkan uji efektifitas yang dilakukan menggunakan teknik paired sample t-test dan independent sample t-test

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laila, Idaidalaila.ha@gmail.com02041020005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalik, Mohamadsalik_mohamad@yahoo.com2012126702
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Keterampilan
Pendidikan
Pendidikan > Bahasa Inggris
Keywords: Pengembangan model probing-prompting; keterampilan berbicara; bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ida Laila
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:21
Last Modified: 02 Mar 2023 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60504

Actions (login required)

View Item View Item