Gagasan pluralisme Islam dalam buku Menimbang Pluralisme karya Husein Muhammad perspektif hermeneutika Hans-Georg Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizal, Muhammad (2023) Gagasan pluralisme Islam dalam buku Menimbang Pluralisme karya Husein Muhammad perspektif hermeneutika Hans-Georg Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rizal_E91217098 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai gagasan pluralisme Husein Muhammad dalam bukunya yang berjudul Menimbang Pluralisme Belajar dari Filsuf dan Kaum Sufi. Penulisan skripsi ini berfokus pada rumusan masalah bagaimana gagasan pluralisme Islam dalam buku Menimbang Pluralisme Belajar dari Filsuf dan Kaum Sufi Karya Husein Muhammad dan bagaimana pemahaman pluralisme dalam buku Menimbang Pluralisme Belajar dari Filsuf dan Kaum Sufi Karya Husein Muhammad perspektif hermeneutika Hans-Georg Gadamer. Dimulai dari penelusuran makna deskriptif mengenai pluralisme dari berbagai pandangan tokoh hingga kemudian terdapat satu kesamaan makna terhadap pluralisme. Dari latar belakang ini, kemudian akan dilihat menggunakan hermeneutika Gadamer, yang merupakan tujuan dan inti dari skripsi ini. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dengan pendekatan analisis deskriptif terhadap teks sebagai objek material dalam skripsi ini. Pada akhir pembahasan, didapati kesimpulan bahwa gagasan pluralisme Husein Muhammad dalam bukunya Menimbang Pluralisme Belajar dari Filsuf dan Kaum Sufi berlandaskan konsep Tauhid dalam Islam dan dijelaskan dengan corak nilai-nilai tasawuf.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizal, Muhammadrizaldipo18@gmail.comE91217098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat Wakhidnhwahiduddin@gmail.com2026118001
Subjects: Pluralisme
Keywords: Pluralisme; hermeneutika; historisitas; verstehen; dasein
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Muhammad Rizal
Date Deposited: 27 Apr 2023 04:05
Last Modified: 27 Apr 2023 04:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60509

Actions (login required)

View Item View Item