Perilaku konsumtif pengguna Shopee Paylater di kalangan Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arvianti, Putri (2023) Perilaku konsumtif pengguna Shopee Paylater di kalangan Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Arvianti_I73219058 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai penggunaan Shopee Paylater pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Shopee menciptakan beberapa fitur Spaylater dalam aplikasi perbelanjaan online tersebut. Hal ini menjadi fenomena baru dikalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya berbelanja dengan menggunakan SPaylater. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah didalamnya yaitu (1) Apa yang melatarbelakangi mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dalam menggunakan Shopee PayLater?, (2) Bagaimana perilaku konsumtif pengguna Shopee PayLater di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya?.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori konsumerisme dari Jean Baudirillard. Hasil penelitian ini menemukan bahwasaanya (1) mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya menggunakan Paylater dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yaitu faktor ekonomi, desakan kebutuhan, faktor waktu, lokasi dan cuaca, faktor tergiur tawaran voucher, dan diskon waktu singkat. (2) Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya pengguna SPaylater cenderung berperilaku konsumtif dengan berbelanja secara berlebihan. Mahasiswa melakukan aktivitas belanja dengan menggunakan paylater mayoritas barang yang dibeli didasari oleh rasa keinginan dan mengikuti tren fashion atau produk kekinian. (3) Dari hasil analisis menggunakan teori konsumerisme dari Jean Baudirillard bahwasannya mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dalam menggunakan SPaylater dengan membeli produk secara online didasari oleh logika keinginan atau didasari oleh hasrat keinginan semata. Selain itu perilaku konsumtif penggunaan paylater ini mengikuti tren produk yang ada agar dapat mendapatkan tanda sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arvianti, Putriputriarviannti08@gmail.comI73219058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Sitiazizahryan@yahoo.co.id2001037701
Subjects: Perilaku
Konsumen
Keywords: Perilaku konsumtif; E-Commerce Shopee; Spaylater
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: PUTRI ARVIANTI
Date Deposited: 27 Apr 2023 04:22
Last Modified: 27 Apr 2023 04:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60530

Actions (login required)

View Item View Item