Pengaruh metode peta konsep bergambar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di SMPN 1 Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Lilis Nur (2023) Pengaruh metode peta konsep bergambar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di SMPN 1 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilis Nur Azizah_D0A218012.pdf

Download (611kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran IPA di kelas VIII SMPN 1 Waru. Hal tersebut dikarenakan penerapan metode pembelajaran konvesional yaitu metode ceramah pada mata pelajaran IPA. Pembelajaran meggunakan metode ceramah membuat pemahaman konsep siswa cukup rendah, hal tersebut menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa juga rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan perbaikan pada kegiatan pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode peta konsep bergambar yang diharapkan mampu mengatasi atau sebagai solusi dalam permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode peta konsep bergambar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di SMPN 1 Waru.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperiment, yang menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui kegiatan observasi, tes, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari metode peta konsep bergambar terhadap hasil berlajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen pada hasil uji independent sample t test yang memperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 atau t-hitung 8,047 > t-tabel 2,03. Selain itu, metode peta konsep bergambar juga berpengaruh terhadap ketuntasan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan 85% siswa pada kelas eksperimen yang telah mencapai KKM di sekolah tersebut. Penerapan metode peta konsep bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 63,09 menjadi 83,03 dengan nilai ratarata kelas eksperimen lebih unggul. Pembelajaran mengggunakan metode peta konsep dapat mengaktifkan 88,3% siswa dalam pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Lilis Nurd0a218012@uinsby.ac.idD0A218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIndayati, TatikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUmmah, KhoirotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Metode pembelajaran; peta konsep bergambar; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: LILIS NUR AZIZAH
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:00
Last Modified: 01 Mar 2023 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60548

Actions (login required)

View Item View Item