Analisis perubahan struktur ekonomi dan identifikasi sektor unggulan Kabupaten Tuban Periode 2016-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naekotennia, Rivanska Octavia E. (2022) Analisis perubahan struktur ekonomi dan identifikasi sektor unggulan Kabupaten Tuban Periode 2016-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rivanska Octavia E.Naekotennia_G01218019 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rivanska Octavia E.Naekotennia_G01218019 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan alat analisis Location Quotient, Dynamic Location Quotient, Shift Share. Penelitian ini menggunakan data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan Kabupaten Tuban dan Provinsi Jawa Timur selama tahun 2016-2022. Dari hasil analisis dapat disimpulkan berdasarkan hasil analisis Shift share, Kabupaten Tuban mengalami kenaikan dalam kinerja perekonomian daerah, dari semua sektor ekonomi yang ada sektor industri pengolahan, informasi dan komunikasi, perdagangan bebas dan eceran; reparasi mobil dan sepeda motor adalah sektor yang menyumbangkan nilai pertumbuhan energi tertinggi pada kinerja perekonomian daerah. Dari sini menandakan adanya perubahan struktur ekonomi dari sektor primer ke sektor sekunder. Sedangkan yang termasuk sektor unggulan atau sektor basis di Kabupaten Tuban dilihat dari hasil penghitungan analisis Location Quotient (LQ) yaitu sektor, pertanian, kehutanan, dan Perikanan, Pertambangan dan Penggalian sertakonstruksi. Hasil analisis Dynamic Location Quotient (DLQ) menunjukkan ada 10 sektor yang memiliki prospek menjadi sektor basis di masa depan namun yang paling menonjol yaitu sektor transportasi dan perdagangan, limbah dan daur ulang,real estate, jasa pendidikan serta pengadaan air, pengelolaan sampah. Peneliti memberikan saran terhadap pihak pemerintahan Kabupaten Tuban dapat membuat kebijakan pembangunan yang lebih efektif, sekaligus bisa memperhatikan dan mempromosikan ekonomi unggulan keluar daerah, diharapkan pemerintah daerah bisa membuat suatu strategi yang tepat sasaran untuk pengembangan kegiatan sektor ekonomi potensial dan perencanaan pembangunan dalam perekonomian daerah dapat seimbang di semua sektor ekonomi yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naekotennia, Rivanska Octavia E.rivanskaoctavia123@gmail.comG01218019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaoki, Saokisauqiamin@gmail.com2004047405
Subjects: Ekonomi
Keywords: Perubahan Struktur Ekonomi; Sektor Unggulan; Analisis Location Quotient; Analisis Dynamic Location Quotient; Analisis Shift Share.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Rivanska Octavia E. Naekotennia
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:20
Last Modified: 29 Dec 2023 02:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60556

Actions (login required)

View Item View Item