Implementasi media magic box dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Keret Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khuluk, Faiqotul (2023) Implementasi media magic box dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Keret Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faiqotul Khuluk_D98216033.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran anak dalam mengenal huruf yang masih rendah serta dalam proses pembelajaran tersebut masih menggunakan cara konvensional dan kurangnya media yang dapat menarik perhatian anak. Maka dari itu, peneliti menggunakan media magic box dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Keret Sidoarjo. Dengan adanya media yang menarik dan inovatif, agar bisa menjadi penghubung supaya anak dapat mengingat apa yang telah dipelajarinya dan pembelajarannya menjadi lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin, yang dimana model ini terdiri dari empat tahapan yang harus dilakukan, prosesnya diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data dapat dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf dengan menggunakan media magic box pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Keret Sidoarjo mengalami peningkatan dan berkembang sangat baik, hal ini ditandai dengan anak bisa menunjuk dan menyebutkan huruf abjad dengan benar. Proses pembelajaran juga dilakukan dengan cara yang menyenangkan serta disesuaikan dengan kemampuan anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khuluk, Faiqotulfay.qotul@gmail.comD98216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Thesis advisorDwijo, Al-Qudus Nofiandri Eko Suciptoalqudusnes@gmail.com2016117301
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Media magic box; kemampuan mengenal huruf
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Faiqotul Khuluk
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:56
Last Modified: 01 Mar 2023 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60561

Actions (login required)

View Item View Item