Peningkatan minat belajar dengan menggunakan metode reward pada peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas III MI Pembangunan Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Mar'atus (2023) Peningkatan minat belajar dengan menggunakan metode reward pada peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas III MI Pembangunan Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mar'atus Sholikhah_D77218044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas III di MI Pembangunan. Data yang diperoleh dari hasil pra siklus menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa yaitu sebesar 25% (kurang). Untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, peneliti mengambil tindakan melalui metode Reward yang dilakukan dalam dua siklus. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) Untuk mengetahui penerapan metode reward dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu kelas III di MI Pembangunan Lamongan. (2) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik setelah penerapan metode reward dalam pembelajaran tematik terpadu pada kelas III di MI Pembangunan Lamongan. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III A MI Pembangunan Lamongan dengan jumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes hasil, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode Reward dilaksanakan baik. Untuk aktivitas guru pada siklus I nilai akhir yang diperoleh 73,91 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 86,36. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan nilai akhir 69,56 dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni 82,60. Minat siswa kelas III MI Pembangunan Lamongan dalam pembelajaran tematik mengalami peningkatan setelah menerapkan metode Reward, yang ditandai dengan presentase minat belajar melalui angket yang telah disebar ke peserta didik. Pada siklus I diperoleh rata-rata 72, meningkat pada siklus II 90,26. Presentase ketuntasan minat belajar siklus I 6,25%, dan meningkat pada siklus II sebesar 87,5% . (2) Presentase ketuntasan nilai siswa pada siklus I yakni 68,75% (rendah) dan mengalami peningkatan yang cukup banyak menjadi 87,5% (sangat tinggi) pada siklus II. Nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 74,06 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 86,25.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Mar'atusmaratussholikhah0711@gmail comD77218044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Subjects: Belajar
Keywords: Peningkatan Minat Belajar; Pembelajaran Tematik; Metode Reward
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mar'atus Sholikhah Sholikhah
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:51
Last Modified: 21 Mar 2023 02:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60566

Actions (login required)

View Item View Item