Analisis daya saing dan faktor faktor yang mempengaruhi nilai ekspor besi baja Indonesia ke 10 negara tujuan utama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Frisca Yunita (2023) Analisis daya saing dan faktor faktor yang mempengaruhi nilai ekspor besi baja Indonesia ke 10 negara tujuan utama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Frisca Yunita Sari_G71219046 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komoditi besi baja menjadi komoditi unggulan Indonesia dalam kegiatan ekspor karena telah memberikan kontribusi positif terhadap neraca perdagangan. Tujuan penelitian ini yakni menganalisis daya saing dan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekspor besi baja Indonesia ke 10 negara Tujuan Utama. Metode analisis penelitian ini adalah kuantitatif dengan alat teknik analisis yang digunakan adalah RCA untuk menganalisis daya saing dan model gravity data panel untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor besi baja Indonesia. Data yang digunakan dalam menganalisis adalah data sekunder periode tahunan yang diperoleh dari World Bank, Badan Pusat Statistik, Uncomtrade, IMF, CEPII. Hasil analisis data menunjukkan bahwa komoditi besi baja Indonesia rata - rata menunjukkan nilai RCA < 1 yang artinya komoditi besi baja Indonesia masih belum berdaya saing kuat. Sedangkan variabel GDP perkapita, harga, dan jarak negara importir pada model gravity data panel berpengaruh terhadap nilai ekspor besi baja Indonesia dengan menunjukkan probabilitas < 0,5. Berbeda dengan variabel inflasi, kurs, dan produksi negara importir pada model gravity data panel tidak berpengaruh terhadap nilai ekspor besi baja Indonesia dengan menunjukkan probabilitas > 0,5. Kesimpulan penelitian ini adalah komoditi besi baja Indonesia masih belum berdaya saing kuat di pasar Internasional. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi nilai ekspor besi baja Indonesia ke 10 negara tujuan utama yakni variabel GDP Perkapita, harga, dan jarak di 10 negara importir sedangkan variabel inflasi,kurs dan produksi di 10 negara importir tidak memiliki korelasi positif. Diharapkan peran pemerintah dan industri besi baja untuk lebih memperhatikan industi besi baja baik dari segi kualitas, kuantitas, dan efektivitas sehingga komoditi ini selalu menjadi komoditi unggulan yang memiliki kontribusi
besar terhadap nilai ekspor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Frisca Yunitafrisca.yunita.putri@gmail.comG71219046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Betty Silfia Ayubetty.silfia@uinsby.ac.id0010068707
Subjects: Ekonomi
Keywords: Ekspor; Daya saing; Komoditi unggulan; RCA; Gravity Model
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: FRISCA FRISCA YUNITA SARI
Date Deposited: 12 Nov 2023 02:26
Last Modified: 12 Nov 2023 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60578

Actions (login required)

View Item View Item