Tradisi sedekah bumi di Desa Bangkingan Kecamatan Lakarsantri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Elviyah, Vivi (2023) Tradisi sedekah bumi di Desa Bangkingan Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivi Elviyah_A02216049 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam membahas permasalahan ini peneliti menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan antropologi budaya dipergunakan dalam menguraikan atau menganalisis kebudayaan serta interaksi masyarakat sekitar Desa Bangkingan. Sumber data diperoleh melalui pengamatan (observasi), wawancara (interview), dokumentasi dan analisis data. Teori yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teori kebudayaan yang dikemukakan oleh C.A Van Peursen. Teori ini dipergunakan untuk mengetahui segala perbuatan manusia, contohnya cara manusia membuat upacara-upacara untuk menyambut peristiwa penting.Pada penelitian ini peneliti mengambil beberapa kesimpulan, yaitu : (1) Asal mula adanya tradisi sedekah bumi di desa Bangkingan ini merupakan bentuk rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui segala bentuk hasil bumi. Indra Fajar selaku Lurah Desa Bangkingan mengatakan bahwa “acara sedekah bumi ini terselenggara sebagai wujud rasa syukur warga Bangkingan atas rezeki yang sudah diberikan oleh Tuhan yang Maha Kuasa. (2) Upacara sedekah bumi di Desa Bangkingan dilaksanakan pada tanggal 11 September 2022 yang terdiri atas bersih lingkungan, kirab budaya, do’a bersama, pagelaran ludruk, dan pengajian umum. (3) Nilai-nilai yang terkandung dalam sedekah bumi, meliputi : nilai syukur, nilai ibadah, nilai aqidah, nilai persatuan dan kesatuan, nilai musyawarah, nilai kerjasama, nilai pengendalian sosial, dan nilai kearifan lokal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Elviyah, Vivivivielviyah199@gmail.comA02216049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Subjects: Antropologi Budaya
Budaya - Agama
Adat
Keywords: Tradisi; Sedekah bumi; Bangkingan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Vivi Elviyah
Date Deposited: 17 Nov 2023 08:20
Last Modified: 17 Nov 2023 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60581

Actions (login required)

View Item View Item