Peran pembiayaan akad musyarakah Kspps Bmt Harapan Ummat Sidoarjo dalam mengembangkan usaha mikro di pasar Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Safira Kurnia (2022) Peran pembiayaan akad musyarakah Kspps Bmt Harapan Ummat Sidoarjo dalam mengembangkan usaha mikro di pasar Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safira Kurnia Ramadhani_G94217205 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Safira Kurnia Ramadhani_G94217205 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Peran Pembiayaan Akad Musyarakah KSPPS BMT Harapan Ummat Sidoarjo Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Di Pasar Waru Sidoarjo” ini merupakan hasil penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk membahas implementasi pelaksanaan pembiayaan akad musyarakah di KSPPS BMT Harapan Ummat Sidoarjo dan membahas peran pembiayaan musyarakah dalam membantu mengembangkan usaha mikro nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan serta mendiskripsikan pengaplikasian akad musyarakah dan peran pembiayaan musyarakah pada KSPPS BMT Harapan Ummat Sidoarjo terhadap perkembangan usaha mikro pasar Waru Sidoarjo. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dengan manager dan account officer KSPPS BMT Harapan Ummat serta enam pedagang di pasar Waru, Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha KPPS BMT Harapan Ummat menyalurkan pembiayaan musyarakah kepada pedagang pasar waru. Dimana KSPPS BMT Harapan Ummat sebagai pemberi modal melalui pembiayaan dengan akad musyarakah. Pembiayaan yang disalurkan berperan sebagai jembatan agar anggotanya tidak terjerumus kedalam riba yang dilarang oleh syariat islam. Namun pengaplikasian pembiayaan musyarakah KSPPS BMT Harapan Ummat kepada pedagang pasar masih terdapat rukun yang belum terpenuhi. Dengan menyalurkan pembiayaan kepada pedagang pasar tersebut, pedagang dapat menambah volume barang dagang atau menambah variasi produk baru untuk di jual. Namun pengembangan usaha yang dilakukan pedagang kurang efektif karena pengembangan usaha yang mereka jalankan tidak memiliki strategi agar usaha berkembang lebih luas. Terdapat saran dari peneliti yaitu KSPPS BMT Harapan Ummat diharapkan dapat selalu meningkatkan pelayanan kepada anggota agar dapat meningkatkan mutu pelayanan. Serta agar terus mensyiarkan ekonomi syariah khususnya kepada pengusaha mikro dan kecil di pasar agar tidak ketergantungan pada rentenir. Serta diharapkan BMT dapat memberikan pembinaan kepada anggota agar usaha dapat berkembang di era modernisasi. Lalu untuk pedagang pasar agar untuk selalu mencatat pengeluaran, pemasukan dan tidak menggunakan dana dari pembiayaan musyarakah untuk keperluan yang bersifat pribadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Safira Kurniafirakurnia24@gmail.comG94217205
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id--
Subjects: Bagi Hasil
Koperasi
Keywords: Pembiayaan musyarakah; pengembangan usaha; baitul mal wat tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Safira Kurnia Ramadhani
Date Deposited: 29 Dec 2023 12:38
Last Modified: 29 Dec 2023 12:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60586

Actions (login required)

View Item View Item