Pesan dakwah dalam video tikTok @fuadhnaim Kasih Allah pada Idol

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maharani, Silky Sabella (2023) Pesan dakwah dalam video tikTok @fuadhnaim Kasih Allah pada Idol. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silky Sabella Maharani_B91219128.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji pesan dakwah dalam konten video dakwah dalam platform online. Rumusan masalahnya adalah Apa pesan dakwah dalam video TikTok karya @fuadhnaim “Kasih Allah Pada Idol”. Untuk mengetahuinya, terdapat beberapa fokus masalah, yakni apa saja pesan dakwah dalam Video TikTok @fuadhnaim “Kasih Allah Pada Idol”. Untuk menjawab fokus permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif analisis teks media Semiotika Roland Barthes, dengan signifikasi dua tahap, yakni meliputi denotasi dan konotasi. Penelitian ini menghasilkan temuan, bahwa (1) Pesan dakwah dalam kategori Akidah, selalu percaya dengan takdir yang Allah tentukan. Percaya bahwa rezeki setiap manusia telah ditakar (2) Kemudian dalam kategori akhlak yang meliputi bertutur kata yang lembut dan tidak menyakiti saat menyampaikan pesan dakwah, dan bersyukur atas nikmat yang Allah berikan (3) Sedangkan untuk kategori pesan dakwah syari’ah adalah perintah amar ma’ruf nahi munkar, dan tidak bersifat iri hati kepada manusia lain. Penelitian selanjutnya diharapkan ada penelitian lain yang membahas pesan dakwah dalam media sosial TikTok dengan lebih mendetail khususnya pada akun @fuadhnaim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maharani, Silky Sabellasilkysabella44@gmail.comB91219128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, M. Anisanis.bachtiar@uinsby.ac.id2019126902
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Semiotika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; dakwah Fuadh Naim; video tiktok
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Silky Sabella Maharani
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:07
Last Modified: 28 Mar 2023 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60590

Actions (login required)

View Item View Item