Studi preferensi habitat kerang kima di perairan Bama, Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisyah, Assifa Dina (2022) Studi preferensi habitat kerang kima di perairan Bama, Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Assifa Dina Aisyah_H74219024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan kima di suatu substrat yang berbeda mengindikasikan bahwa tidak semua jenis substrat menjadi habitat terpilih bagi kima jenis tertentu. Secara alami kima menempel dan menenggelamkan cangkangnya pada terumbu karang. Status kima (Tridacnidae) yang terancam punah menjadikan biota ini dimasukkan dalam catatan CITES Appendiks II. Sebaran kima di dunia tercatat sebanyak 9 jenis spesies dan 7 diantaranya tersebar di perairan Indonesia, termasuk perairan Bama Taman Nasional Baluran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas dan preferensi substrat habitat kerang kima di Perairan Bama, kawasan konservasi Taman Nasional Baluran. Penentuan lokasi pengumpulan data dilakukan secara random sampling, pada musim Muson Timur yaitu bulan Agustus 2022. Analisis habitat menggunakan indeks pilihan (E) ivlev dan ditunjukkan dengan grafik yang menggambarkan masing-masing indeks berdasarkan kriteria. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 4 jenis kima, Tridacna squamosa, Tridacna maxima, Tridacna crocea, dan Hippopus hippopus. Kepadatan total kima yang ditemukan yaitu Tridacna crocea (0,52 ind/m2), Tridacna maxima (0,18 ind/ m2), Tridacna squamosa (0,14 ind/m2) dan Hippopus hippopus (0,03 ind/ha). Indeks keanekaragaman kima tergolong dalam kategori rendah, berkisar antara 0,41-0,66. Hasil analisis indeks habitat pilihan (E) ivlev, dapat diketahui bahwa penggunaan habitat secara ekslusif pada kima jenis T. squamosa dan H. Hippopus menyukai substrat rubble dengan (E) 0,32 untuk jenis T. squamosa dan 0.53 untuk jenis H. hippopus. T. crocea sangat menyukai substrat batuan dengan (E) 0,77 dan T. maxima menyukai Hard coral sebagai habitat pilihannya dengan (E) 0,01-0,22.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisyah, Assifa Dinaassifadinaa@gmail.comH74219024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah@uinsby.ac.id201409003
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwiga.alif@uinsby.ac.id--
Subjects: Biologi
Ilmu Kelautan
Keywords: Tridacnidae; indeks pilihan; kepadatan; keanekaragaman; Bama Taman Nasional Baluran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Assifa Dina Aisyah
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:27
Last Modified: 27 Mar 2023 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60591

Actions (login required)

View Item View Item