Konflik antara pengikut majilis tafsir al-qur’an (MTA) dan masyarakat Kembang Kuning di Surabaya: analisis perspektif Ralf Dahrendorf

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anas, Muhammad Riza Fathu (2023) Konflik antara pengikut majilis tafsir al-qur’an (MTA) dan masyarakat Kembang Kuning di Surabaya: analisis perspektif Ralf Dahrendorf. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Riza Fathu Anas_E02218017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konflik Majilis Tafsir Al-Qur’an (MTA) dengan masyarakat Kembang Kuning yang terjadi di Kembang Kuning Surabaya. Dimana konflik antara keduanya di picu karena perbedaan ideologi keagamaan. Majilis Tafsir AlQur’an (MTA) sendiri mempunyai karakteristik Islam puritan dan tidak kompromi terhadap budaya yang berhubungan dengan kegiatan agama akibatnya dilihat oleh masyarakat Kembang Kuning sebagai ajaran yang rigid. Sehingga ketika Majilis Tafsir Al-Qur’an (MTA) mendirikan Yayasan di Kembang Kuning Surabaya banyak yang menentang dikarenakan masyarakat Kembang Kuning khawatir Majilis Tafsir Al-Qur’an (MTA) menguasai Kembang Kuning karena mayoritas masyarakat Kembang Kuning sendiri mempunyai background Nahdlatul Ulama. Penelitian ini bermaksud mengkaji bagaimana sejarah konflik, bentuk-bentuk konflik, dan perubahan sosial pasca konflik antara Majilis Tafsir Al-Qur’an (MTA) dengan masyarakat Kembang Kuning, menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang diambil pada penelitian melalui observasi dan wawancara. Tahap analisis data ini dilakukan dengan cara pengambilan data, reduksi data, pemaparan data, dan verifikasi data untuk menarik kesimpulan. Peneliti menggunakan teori konflik perspektif Ralf Dahrendorf yang menjelaskan bahwa bentuk dari suatu konflik terjadi pada kehidupan di masyarakat dapat menyebabkan perubahan kekuasan dan otoritas dalam struktur sosial. Penelitian ini menemukan bahwa telah terjadi perubahan otoritas kelas kekuasaan dan perubahan sosial pasca konflik Majilis Tafsir Al-Qur’an (MTA) dengan masyarakat Kembang Kuning di Kembang Kuning Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anas, Muhammad Riza Fathurizafanas31@gmail.comE02218017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Ideologi Islam
Konflik sosial
Keywords: Konflik; majilis tafsir al-Qur’an (MTA); masyarakat Kembang Kuning; Ralf Dahrendorf
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: muhammad riza fathu anas
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:30
Last Modified: 28 Feb 2023 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60602

Actions (login required)

View Item View Item