Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan articulate storyline untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas III MI Bilingual Roudlotul Jannah Prambon Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausi, Aulia Kaffah (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan articulate storyline untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas III MI Bilingual Roudlotul Jannah Prambon Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Kaffah Firdausi_02041020002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelajaran matematika memiliki peranan penting dalam mengembangkan proses berpikir peserta didik. Kegiatan pembelajaran matematika yang didominasi oleh guru menyebabkan terjadinya kesulitan belajar pada peserta didik sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan optimal. Maka, dibutuhkan media pembelajaran yang mampu mendukung peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan belajar dan mampu meningkatkan hasil belajarnya. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media interaktif berbasis web menggunakan articulate storyline. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran Matematika, untuk mendeskripsikan implementasi hasil pengembangan media pembelajaran interaktif, dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD dengan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah 24 peserta didik kelas III MI Bilingual Roudlotul Jannah. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, dan tes. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan teknik analisis validitas dan analisis efektivitas menggunakan uji paired sample t-test dan uji MANOVA. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Desain dari media yang dikembangkan mengacu pada kebutuhan dan kondisi di lapangan yang dibuat menggunakan software articulate storyline, media telah mendapatkan validasi dari ahli materi dan ahli media dengan kategori sangat layak dengan hasil akhir dapat diakses melalui https://bit.ly/mathforgrade3pengukuran; 2) Implementasi dari media yang dikembangkan mendapatkan hasil dengan kategori sangat baik untuk observasi aktivitas guru dan kategori baik untuk observasi aktivitas belajar peserta didik, serta angket respon peserta didik dengan nilai rata-rata jawaban termasuk kategori sangat baik; 3) Hasil uji efektivitas menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan articulate storyline efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausi, Aulia Kaffahauliakaffah1@gmail.com02041020002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinsihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran Interaktif; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Matematika; Kelas III
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aulia Kaffah Firdausi
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:30
Last Modified: 23 Feb 2023 04:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60607

Actions (login required)

View Item View Item