Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan kulit sapi dalam meningkatkan perekonomian di Desa Gedeg Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuswanto, Ilham Alif (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan kulit sapi dalam meningkatkan perekonomian di Desa Gedeg Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilham Alif Yuswanto_B92217107 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kawasan Desa Gedeg memiliki sebuah asset pemotongan hewan sapi, dimana masyarakat setempat memercayakan hewan ternaknya untuk dipotong ditempat pemotongan hewan tersebut. Namun, pemotongan hewan tersebut menyisahkan kulit sapi yang di sia-siakan. Peneliti dan masyarakat bersama-sama berdiskusi bagaimana agar kulit sapi tersebut tidak hanya dijual dalam bentuk mentah melainkan diubah menjadi suatau olahan yang bermanfaat dan memiliki nilai jual, sehingga masyarakat bisa mendapatkan keuntungan lebih. Metode yang digunakan dalam dampingan ini adalah Asset Based Community, Development (ABCD). Yang mana membangun kesadaran masyarakat untuk menyadari asset yang dimiliki oleh masyarakaat itu sendiri itu penting bahwa untuk mencapai sebuah perubahan sosial adalah dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat itu sendiri dengan mengetahui aset mereka. Dalam pendekatan berbasis aset atau ABCD menggunkan beberapa strategi, diantaranya: discovery (menemukan), dream (mimpi), design (merancang), define (menentukan), destiny (memastikan). Hasil dari strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat Desa Gedeg akan aset yang dimiliki, selain itu masyarakat juga mulai melakukan pemanfaatan dan pengolahan kulit sapi menjadi produk olahan kulit sapi yakni kerupuk rambak. Terjadi perubahan positif pada masyarakat dengan adanya kegiatan pendampingan yang dilakukan sehingga antusiasme dan solidaritas masyarakat dalam pemanfaatan dan pengolahan aset yang dimilikinya semakin tinggi dan tumbuh dengan kuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuswanto, Ilham Alifyilhamalif13@gmail.comB92217107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Pengabdian Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; kulit sapi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ilham Alif Yuswanto
Date Deposited: 27 Apr 2023 03:47
Last Modified: 27 Apr 2023 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60612

Actions (login required)

View Item View Item