Strategi guru dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukaromah, Fadhilatul (2023) Strategi guru dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadhilatul Mukaromah_D99219042 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya. Selain itu peneliti juga akan mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan kemampuan membaca di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya. Penelitian tersebut menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian guru sentra persiapan, kelompok B, yang terdiri dari B1 terdiri dari 14 siswa dan B2 terdiri dari 13 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penaarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa kemampuan pada anak TK B1 mulai berkembang, sedangkan pada anak TK B2 sudah berkembang sesuai harapan hal ini dilihat dari hasil penilain yang dilakukan oleh guru sentra persiapan. Pada usia 5-6 tahun anak bisa membedakan kata yang memiliki huruf awal yang sama, membedakan kata yang memiliki suku kata awal yang sama, mengelompokkan gambar yang memiliki huruf awal yang sama, dan menyusun kosa kata menjadi sebuah kata, namun pada hasil penelitian yang sudah dilakukan bahwa anak yang sesuai dengan kemampuan tersebut rata-rata pada kelas B2. Strategi yang digunakan guru dalam mengambangkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun adalah menggunakan sentra persiapan. Dalam pelaksanaan sentra persiapan pada pijakan selama main guru menggunakan media pembelajaran diantaranya: kartu huruf, kartu gambar, bentuk huruf dari plastik dan kayu, manik-manik, dan batu warna-warni. Dalam menggunakan media tersebut anak dapat membentuk suatu huruf menjadi kata atau menyusun huruf menjadi sebuah kata. Dengan perantara media dalam proses pembelajaran anak tidak mudah bosan dan lebih tertarik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukaromah, Fadhilatulfadhila0104@gmail.comD99219042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto----
Subjects: Guru
Keywords: Strategi Gur; Membaca Permulaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Fadhilatul Mukaromah
Date Deposited: 08 Nov 2023 10:58
Last Modified: 08 Nov 2023 10:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60639

Actions (login required)

View Item View Item