Potensi dan pemanfaatan serta penilaian domain penangkapan ikan berbasis ekosistem pada ikan gulamah di pesisir Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qoyum, Muhammad (2023) Potensi dan pemanfaatan serta penilaian domain penangkapan ikan berbasis ekosistem pada ikan gulamah di pesisir Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Qoyum_H94218045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesisir Kabupaten Gresik memiliki potensi perikanan yang dapat dikembangkan tetapi harus diperhatikan kelestarian lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi, pemanfaatan, serta penilaian domain penangkapan ikan gulamah yang di daratkan di Pesisir Desa Campurejo, Gresik. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Penilaian potensi dengan analisis CPUE, Penilaian pemanfaatan dengan menghitung nilai MSY dan JTB. Serta penilaian domain penangkapan ikan berbasis ekosistem ikan gulamah yang di daratkan di Pesisir Desa Campurejo, Gresik termasuk dalam kategori baik dengan nilai komposit yaitu sebesar 74,5. nilai tersebut termasuk dalam kisaran 61-80 yang tergolong dalam kondisi baik dalam penerapan EAFM domain penangkapan ikan. dengan visualisasi model bendera berwarna biru. Berdasarkan model Schaefer ikan gulamah dalam kondisi Fully exploited didapatkan nilai Fmsy sebesar 14.470 trip/tahun, nilai Cmsy sebesar 14.920 ton dan jumlah tangkapan yang diperbolehkan sebesar 11.936 ton/tahun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qoyum, Muhammadmuhamamadqoyum88@gmail.comH94218045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPerdanawati, Rizqi Abdiabdirizqi@uinsby.ac.id2026098801
Thesis advisorHalim, Abdulhalimwahid70@gmail.com2012087001
Subjects: Ikan > Menangkap Ikan
Ilmu Kelautan
Keywords: Penangkapan ikan; ikan gulamah
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: muhammad qoyum
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:40
Last Modified: 10 Jul 2023 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60657

Actions (login required)

View Item View Item