Pengorganisasian masyarakat dalam upaya mengatasi menurunnya kesehatan masyarakat di Dusun Tambaksari, Desa Mojosarirejo, Kecematan Driyorejo Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Kinanti Dwi (2022) Pengorganisasian masyarakat dalam upaya mengatasi menurunnya kesehatan masyarakat di Dusun Tambaksari, Desa Mojosarirejo, Kecematan Driyorejo Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kinanti Dwi Anggraini_B92217110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengorganisaisian ini memiliki tujuan guna mewujudkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya perilaku hidup sehat serta mengusahakan preventif dan kuratif. Berikut ini fokus masalah yang telah dirumuskan: 1). Bagaimana kondisi kesehatan masyarakat di Dusun Tambaksari, Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik?. 2). Bagaimanakah strategi pengorgaanisasian yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Dusun Tambaksari, Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik?. 3). Bagaimanakah hasil strategi pasca proses pengorgaanisasian yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan masyrakat di Dusun Tambaksari, Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik?Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah menggunakan pendekatan PAR (Participatory Action Research). Metode ini dibuat untuk mengkonsep sebuah change pada prosesnya. Langkah pertama, menciptakan trust pada masyarakat. Langkah kedua, menetapkan teknik yang akan digunakan bersama dengan masyarakat serta localleders. Langkah ketiga, menciptakan kesepakatan mufakat bersama dengan masyarakat hingga mencapai tujuan dari perencanaan aksi. Strategi pengorganisasian yang dipakai ialah: 1). Melakukan proses penyadaran melalui edukasi serta kampanye mengenai pola hidup sehat bersama-sama dengan lembaga sosial antaranya: Puskesmas, Ibu-ibu PKK Dusun Tambaksari. 2). Memfasilitasi terbentuknya kelompok sadar sehat sebagai support system bagi posyandu. 3). Mendampingi masyarakat dalam pembuatan draft usulan kebijakan atau keputusan untuk keberlangsungan program. Hasil pengorganisasian yang dipakai ialah.: 1). Munculnya kesadaran, pemahaman, serta penerapan pada masyarakat mengenai pentingnya perilaku hidup sehat. 2). Terbentuknya kelompok sadar sehat sebagai support system bagi posyandu. 3). Adanya hasil dari draft usulan kebijakan atau keputusan dari pemerintahan Desa atau Dusun untuk keberlangsungan program.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Kinanti Dwikinantianggraini99@gmail.comB92217110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Masyarakat Islam
Organisasi Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian masyarakat; kesehatan masyarakat; keluarga sehat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: KINANTI DWI ANGGRAINI
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:13
Last Modified: 06 Jul 2023 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60696

Actions (login required)

View Item View Item