Aplikasi perhitungan waris di Play Store perspektif Hukum Waris Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputri, Gefi Melyana (2022) Aplikasi perhitungan waris di Play Store perspektif Hukum Waris Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gefi Melyana Saputri_C91217107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ilmu Faraid adalah salah satu ilmu agung dengan kualifikasi akademis tertinggi dalam Islam, karena Allah SWT secara pribadi menangani pendistribusiannya. Namun dalam praktiknya, ilmu ini dianggap sulit dan rumit yang menyebabkan banyak umat Islam tidak menggunakan sistem pembagian warisan berdasarkan hukum waris Islam. Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini membuat hal yang sulit untuk dilakukan bisa menjadi mudah. Teknologi informasi memudahkan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas. Seperti halnya aplikasi perhitungan waris di Play Store ini, ilmu waris yang awalnya dianggap sulit, maka dimudahkan dengan hadirnya aplikasi-aplikasi perhitungan waris tersebut, oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti perihal aplikasi perhitungan waris di Play Store ini. Untuk menjawab latar belakang diatas, peneliti merumuskan dua rumusan masalah. 1. Bagaimana aplikasi perhitungan waris di Play Store (Aplikasi i-Waris, Hitung Waris dan Faraidh)? 2. Bagaimana hasil perhitungan waris di Play Store (Aplikasi i-Waris, Hitung Waris dan Faraidh) perspektif Hukum Waris Islam? Metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan cara pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Sumber data primer penelitian ini yaitu Usecase aplikasi perhitungan waris berbasis android dari programer, data tentang perhitungan waris dari segala sumber yang dipakai programer dalam merancang aplikasi, hasil wawancara terhadap programmer serta pengguna aplikasi. Sedangkan data sekundernya diperoleh dari situs web programer yang terkait dengan penelitian, buku-buku dan karya ilmiah lain yang dipakai rujukan programer untuk membuat aplikasi ini, dan berbagai buku serta karya ilmiah lainnya yang diperlukan untuk penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan temuan penting, yakni terdapat selisih perhitungan waris menggunakan aplikasi perhitungan waris di Play Store dengan hukum waris Islam seperti perkara ‘Aul dan Radd serta permasalahan waris seperti Musyarakah dan Akdariyah. Meskipun terdapat hasil perhitungan waris yang sesuai dengan hukum waris Islam, namun ternyata hasil tersebut tidak konsisten. Selisih maupun ketidaksesuaian ini disebabkan antara lain oleh jumlah bagian yang diterima oleh setiap ahli waris dan jumlah akhir yang aplikasi sajikan. Sehingga dengan adanya selisih tersebut membuat aplikasi perhitungan waris di Play Store tidak cocok untuk dijadikan rujukan utama dalam pembagian harta warisan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputri, Gefi Melyanagefims99@gmail.comC91217107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChairah, Dakwatuldakwah_chairah@yahoo.com2023045701
Subjects: Hukum Islam > Waris
Waris
Keywords: Waris; Aplikasi dan Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Gefi Melyana Saputri
Date Deposited: 17 Mar 2023 02:31
Last Modified: 17 Mar 2023 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60707

Actions (login required)

View Item View Item