Analisis hukum islam terhadap penerapan akad mushārakah pada modal usaha lapak Sawit Jaya Pratama Di Desa Adiluhur Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusmawati, Desi (2023) Analisis hukum islam terhadap penerapan akad mushārakah pada modal usaha lapak Sawit Jaya Pratama Di Desa Adiluhur Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Desi Kusmawati_C72218056 OK.pdf

Download (705kB)

Abstract

Data penelitian ini dihimpun melalui wawancara serta dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian. Selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan diambil kesimpulannya menggunakan pola pikir deduktif yang menjabarkan ketentuan-ketentuan penerapan akad musyarakah dengan menganalisis hukum islam tentang akad musyarakah. Dalam penelitian ini peneliti berusaha menganalisis penerapan akad musyarakah pada modal usaha pada lapak sawit Jaya Pratama yang ada di Provinsi Lampung.Hasil kesimpulan bahwa praktik akad musyarakah pada modal usaha lapak sawit Jaya Pratama dimulai dari dua bersaudara yang mendirikan sebuah usaha lapak sawit dengan masing-masing menaruh modal, yang dimana modal tersebut untuk membangun mes lapak sawit dan juga memenuhi kebutuhan lapak sawit lainnya yang dimana total keseluruhan modal yang dikeluarkan oleh dua bersaudara tersebut menghabiskan dana Lima ratus juta rupiah. Lalu dimulailah kesepakatan pembagian hasil dari usaha lapak sawit tersebut dimana pembagiannya ialah 70% dengan 30%. Data yang dikumpulkan melalui wawancara dengan beberapa pihak yang terkait, dan juga melalui dokumentasi, hasil dari penelitian ini masih ada beberapa akad musyarakah yang ditetapkan pada lapak sawit Jaya Pratama yang belum sesuai dengan syarat dalam akad musyarakah, yakni tidak ada perjanjian tertulis dan tidak ada saksi dalam perjanjan tersebut. Adapun implementasi akad yang belum sesuai ialah, dalam sharing bagi hasil yang tidak sesuai seperti kesepakatan awal. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pihak yang berkaitan disarankan untuk; pertama, bagi kedua saudara tersebut jika ingin melakukan kerja sama yang sama-sama mengeluarkan modal agar dapat menghadirkan saksi di saat prosesi akad dilaksanakan. Kedua, untuk pembagian hasil agar dibicarakan terlebih dahulu sampai benar-benar yakin dan matang agar tidak terjadi perselisihan dari kesepakatan awal. Agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa diurus sesuai hukum yang berlaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusmawati, Desikusmadesi4@gmail.comC72218056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abd.--2018115501
Subjects: Hukum Islam > Musyarakah
Keywords: Akad Mushārakah; Lapak Sawit
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: desi kusmawati
Date Deposited: 05 Nov 2023 06:10
Last Modified: 05 Nov 2023 06:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60719

Actions (login required)

View Item View Item