Analisis swot strategi pemasaran travel Haji dan Umrah pasca dibukanya akses Haji dan Umrah tahun 2022: studi kasus pada Ebad Wisata Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Fauziah Aprilia (2022) Analisis swot strategi pemasaran travel Haji dan Umrah pasca dibukanya akses Haji dan Umrah tahun 2022: studi kasus pada Ebad Wisata Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fauziah Aprilia Ningsih_G94218176 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana strategi pemasaran Ebad Wisata pasca dibukanya kembali operasional haji dan umrah tahun 2022, bagaimana analisis SWOT Ebad Wisata, serta apa saja alternatif strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh Ebad Wisata. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisa menggunakan analisis SWOT dengan tujuan untuk memperoleh alternatif strategi yang dapat digunakan oleh Ebad Wisata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ebad Wisata menerapkan 7P Islamic marketing mix yaitu product yang halal dan tayyib, penetapan harga (price) yang sesuai dengan fasilitas jamaah serta selisih harga yang normal dengan pesaingnya, promotion melalui digital marketing, offline marketing, serta freelance marketing. Place, strategis serta berpotensi memberikan keuntungan. People, memilih karyawan yang memiliki daya juang tinggi, mau bekerjasama dengan baik, serta dapat memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Process, mengupayakan pelayanan sebaik mungkin kepada jamaah dan memprioritaskan kenyamanan jamaahnya. Serta physical evidence dengan kantor yang nyaman dan bersih juga penerapan nuansa Islami dalam arsitektur bangunannya. Berdasarkan matriks IE, Ebad Wisata berada pada posisi kuadran 5 dan berdasarkan diagram analisis SWOT Ebad Wisata berada pada posisi kuadran 1, dimana kedua posisi tersebut mendukung adanya growth oriented strategy. Dari 5 alternatif strategi yang didapatkan dari matriks IE serta matriks SWOT, didapatkan 3 strategi terbaik berdasarkan matriks QSPM yang dapat diterapkan Ebad Wisata pada saat ini yaitu strategi penetrasi pasar dengan meningkatkan efektivitas pemasaran melalui media cetak dan elektronik, pengembangan pasar, serta pengembangan kualitas pelayanan. Ebad Wisata diharapkan dapat meningkatkan koordinasi antara freelance marketing, kantor cabang dengan kantor pusat agar tidak ada ketimpangan informasi yang diterima oleh jamaah, serta diharapkan dapat meningkatkan promosi melalui media sosial dan memanfaatkan fasilitas promosi online semaksimal mungkin (website, Aplikasi EbadGroup, dll). Selain itu, peneliti berharap hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan strategi pemasaran Ebad Wisata. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai strategi pemasaran dan penentuan alternatif strategi dengan menggunakan metode yang berbeda seperti matriks SPACE, matriks CPM serta matriks Grand Strategy.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Fauziah Apriliafauziah140499@gmail.comG94218176
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Haji
Pemasaran
Keywords: Analisis SWOT; Ebad Wisata; Strategi Pemasaran; Travel Haji dan Umrah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fauziah Aprilia Ningsih
Date Deposited: 12 Nov 2023 00:43
Last Modified: 12 Nov 2023 00:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60727

Actions (login required)

View Item View Item