Wacana pluralisme keagamaan dalam pandangan kaum muda Muhammadiyah kota Surabaya.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Hallaj, Kenneth Sulthon Alafi (2022) Wacana pluralisme keagamaan dalam pandangan kaum muda Muhammadiyah kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kenneth Sulthon Alafi Al Hallaj_E72218040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk mengetahui bagaimana pandangan kaum muda Muhammadiyah di Surabaya dalam melihat adanya wacana pluralisme agama. Untuk mengetahui pandangan kaum muda Muhammadiyah Surabaya terhadap wacana pluralisme agama, penulis menggunakan pendekatan fenomenologis demi mengetahui apa penyebab dari munculnya pandangan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat adanya perbedaan pandangan dalam kaum muda Muhammadiyah kota Surabaya dalam menanggapi kehadiran wacana pluralisme keagamaan. Sebagian dari kaum muda Muhammadiyah kota Surabaya menolak adanya wacana pluralisme agama dan sebagian lagi menerima adanya wacana pluralisme agama dengan pandangan mereka masing-masing.Isi yang ada dalam penelitian ini, bukan hanya terfokus pada pandangan yang dimiliki kaum muda Muhammadiyah Surabaya terhadap wacana pluralisme agama saja. Akan tetapi hal-hal yang melatar belakangi munculnya pandangan yang dimiliki kaum muda Muhammadiyah Surabaya juga menjadi hal yang sangat penting mengingat pendekatan yang dilakukan penulis adalah pendekatan yang bersifat fenomenologis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Hallaj, Kenneth Sulthon Alafielaphy19@gmail.comE72218040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyir, Kunawikunawi@uinsby.ac.id2018096401
Subjects: Ideologi Islam
Islam dan Humanisme
Sosiologi Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pluralisme agama; Kaum muda; Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Kenneth Sulthon Alafi Al-Hallaj
Date Deposited: 25 Nov 2023 04:54
Last Modified: 25 Nov 2023 04:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60731

Actions (login required)

View Item View Item