Tinjauan fiqh siyasah terhadap keputusan menteri nomor 83 tahun 2017 tentang penerapan aplikasi simpel desa di Desa Sidogedungbatu Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad, Ghezi (2023) Tinjauan fiqh siyasah terhadap keputusan menteri nomor 83 tahun 2017 tentang penerapan aplikasi simpel desa di Desa Sidogedungbatu Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Ghezi_C95216090.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini rumusan masalah yang diangkat adalah pertama Bagaimana penerapan aplikasi simple desa di Desa Sidogedungbatu Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik berdasarkan keputusan mentri Nomor 83 Tahun 2017. kedua, Bagaimana tinjauan Fiqh Siyāsah terhadap penerapan aplikasi simpel desa di Desa Sidogedungbatu Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik berdasarkan Keputusan Menteri Nomor. 83 Tahun 2017. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian lapangan (field research) di Desa Sidogedungbatu Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul di analisis menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara mendeskripsikan data mengenai penerapan aplikasi simpel desa, kemudian dianalisis dengan pola pikir induktif berdasarkan fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Serta diambil kesimpulan dari tinjauan tersebut sesuai dengan teori Fiqh Siyāsah dusturiyah dan kedudukan keputusan menteri dalam penerapan e-governance menuju inovasi pelayanan publik. yang kemudian dikaitkan dengan fakta di lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan Keputusan Menteri Nomor 83 Tahun 2017 pemerintah desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura membuat terobosan inovasi peningkatan digitalisasi melalui aplikasi Simpel Desa yang berbasis Web dan terintegrasi dengan aplikasi berbasis Mobile atau Android, hal ini sebagai bentuk penerapan digitalisasi pembangunan desa berbasis SDGs yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik dan pemulihan ekonomi desa melalui padat karya digital. Pemerintah Desa Sidogedungbatu dalam penerapan program inovasi desa melalui aplikasi simpel desa disarankan melakukan sosialisasi yang terstruktur dan rutin untuk mengatasi kendala yang terjadi di masyarakat. mengoptimalkan penerapan aplikasi di masyarakat dengan perbaikan sistem aplikasi secara rutin untuk menghindari kelambatan sistem aplikasi mengingat terbatasnya jaringan internet di pulau Bawean.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad, Gheziahmadghezi588@gmail.comC95216090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDPriyo, Handokopriyo@uinsby.ac.id196602122007011049
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Hukum > Hukum Tata Negara
Internet
Keywords: Pemerintahan desa; inovasi desa; simpel desa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Ahmad Ghezi
Date Deposited: 06 Mar 2023 06:38
Last Modified: 06 Mar 2023 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60743

Actions (login required)

View Item View Item