Analisis faktor penyebab nasabah dalam pemilihan pembiayaan Mekaar Syariah di PT Permodalan Nasional Madani (PNM) cabang Taman 2 Sidoarjo: studi pada nasabah di Desa Sambibulu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Melinda, Fitri Nur (2022) Analisis faktor penyebab nasabah dalam pemilihan pembiayaan Mekaar Syariah di PT Permodalan Nasional Madani (PNM) cabang Taman 2 Sidoarjo: studi pada nasabah di Desa Sambibulu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Nur Melinda_G94218179.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Faktor Penyebab Nasabah Dalam Pemilihan Pembiayaan Mekaar Syariah di PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Taman 2 Sidoarjo (Studi Pada Nasabah di Desa Sambibulu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo)” merupakan penelitian kualitatif yang akan menjawab dua rumusan masalah yakni mengenai bagaimana proses pembiayaan Mekaar Syariah di PT. PNM Cabang Taman 2 Sidoarjo? Dan apa faktor-faktor penyebab nasabah memilih pembiayaan Mekaar Syariah di PT. PNM Cabang Taman 2 Sidoarjo? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang kemudian dianalisa menggunakan metode studi kasus deskriprtif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi kepada 2 pegawai PNM Cabang Taman 2 Sidoarjo dan 4 nasabah pembiayaan Mekaar Syariah PNM Cabang Taman 2 Sidoarjo di desa Sambibulu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembiayaan Mekaar Syariah di PT. PNM Cabang Taman 2 Sidoarjo terdiri dari 6 tahapan yakni, sosialisasi, uji kelayakan (survey), verifikasi, persiapan pembiayaan, pencairan dan Perkumpulan Kelompok Mingguan (PKM). Kemudian, untuk faktor dominan yang menyebabkan nasabah memilih pembiayaan Mekaar Syariah di PT. PNM Cabang Taman 2 Sidoarjo terdiri dari 2 faktor, yakni faktor pribadi meliputi faktor kebutuhan, dan faktor motivasi meliputi sistem pembiayaan mudah serta tidak mensyaratkan agunan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada PT. PNM Cabang Taman 2 Sidoarjo agar tetap mempertahankan image yang telah dikenal oleh masyarakat sebagai wadah pembiayaan yang mudah dan tidak ribet. Serta perlu meningkatkan pelayanannya kepada nasabah dan lebih mensosialisasikan produk Mekaar Syariah kepada masyarakat terutama untuk para pelaku usaha ultra mikro yang membutuhkan dana tambahan untuk usahanya. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya, diharapkan mampu untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam dengan data lebih lengkap, sehingga mampu menjelaskan pembahasan yang lebih jelas dan terinci. Kata Kunci: Pembiayaan, Faktor-faktor perilaku konsumen, PT. Permodalan Nasional Madani (PNM)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Melinda, Fitri Nurfitrinurmelinda1@gmail.comG94218179
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Koperasi
Ekonomi Islam
Keywords: Pembiayaan; faktor-faktor perilaku konsumen; PT. Permodalan Nasioanal Madani (PNM)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitri Fitri Nur Melinda
Date Deposited: 02 Mar 2023 02:46
Last Modified: 02 Mar 2023 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60745

Actions (login required)

View Item View Item