Sejarah dan Perkembangan Majalah Walida Aisyiyah Jawa Timur 2011-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arafati, Setyaningrum (2023) Sejarah dan Perkembangan Majalah Walida Aisyiyah Jawa Timur 2011-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Setyaningrum Arafati_A92216100 OK.pdf

Download (413kB)
[img] Text
Setyaningrum Arafati_A92216100 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Media massa pasti memiliki sejarah dan perkembangannya selama diterbitkan. Media massa berupa media massa cetak dan media massa digital. Penelitian ini membahas tentang sejarah dan perkembangan media massa cetak bernama Walida dari tahun 2011 hingga 2020. Dengan menggunakan pendekatan historis dan metode penelitian heuristik, kemudian mengambarkan data-data dengan teori continuity and change, maka ditemukan fakta-fakta mengenai sejarah, perkembangan, dan faktor pendukung serta penghambat perkembangan majalah Walida dari tahun 2011-2022. Pertama, majalah Walida diterbitkan pada 12 Maret 2011 oleh Pimpinan Wilayah Jawa Timur (PWA) yang dilatar belakangi oleh upaya meningkatkan komunikasi antar warga Aisyiyah Jawa Timur dan memberi hasanah media bermoral. Kedua, perkembangan majalah Walida dibagi menjadi dua yaitu sebelum pandemi COVID-19 dan setelah pandemi COVID-19. Mulai pada sebelum pandemi COVID-19 dapat dilihat dari segi rubrik mengalami perubahan nama, penambahan, dan pengurangan jumlah. Segi pendistribusian dari PWA Jawa Timur ke seluruh Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) dalam lingkup Jawa Timur lalu penambahan pelanggan dari luar Jawa Timur sehingga harus memakai ekspedisi pengiriman. Sumber dana untuk menerbitkan majalah Walida didapat dari PWA Jawa Timur, iklan dalam majalah, dan hasil penjualan majalah kepada pelanggan. Selama pandemi COVID-19 majalah Walida memilih berhenti sementara untuk menerbitkan majalah Walida. Ketiga, faktor pendukung perkembangan majalah walida berupa sumber keuangan, kreativitas dalam pembuatan majalah, dan captive market. Sedangkan faktor penghambat perkembangan majalah Walida berupa pandemi COVID-19, komitmen dan kedisiplinan tim redaksi.
Kata kunci: Majalah Walida, Sejarah, Perkembangan Majalah Walida

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arafati, Setyaningrumsetyaningrumarafati16@gmail.comA92216100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDTeguh Imam Santosa, Nyong Ekanyongeka@uinsby.ac.id197612222006041002
UNSPECIFIEDMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com195904061987031004
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Setyaningrum Arafati
Date Deposited: 19 Dec 2023 12:38
Last Modified: 19 Dec 2023 12:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60777

Actions (login required)

View Item View Item