Analisis implementasi strategi pemasaran produk pembiayaan di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Amanah Sejahtera Cabang Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bhariatta, Elsava Choiru (2022) Analisis implementasi strategi pemasaran produk pembiayaan di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Amanah Sejahtera Cabang Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elsava Choiru Bhariatta_G94218167 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini, perkembangan dunia bisnis terjadi sangat pesat dan mengakibatkan persaingan bisnis yang ketat sehingga menuntut suatu bank untuk dapat mengusai pasar. Oleh karena itu, untuk dapat bertahan di tengah persaingan tersebut sebuah perusahaan harus memiliki strategi yang tepat untuk menghadapi kompetitornya, salah satunya pada strategi pemasaran. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Amanah Sejahtera Cabang Lamongan yang merupakan salah satu perbankan syariah yang ada di Indonesia juga memiliki strategi pemasaran dalam kegiatan operasionalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan implementasi strategi pemasaran produk pembiayaan. Selain itu juga untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi strategi pemasaran yang telah ditetapkan dan memberikan solusi atas kendala yang dihadapi tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan terjun langsung ke lapangan untuk menemukan informasi yang relevan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan studi kasus deskriptif agar dapat mendeskripsikan hasil penelitian secara valid dan berurutan mengenai fakta-fakta yang diteliti. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara langsung kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Data sekunder diperoleh melalui buku, jurnal, artikel, website, dan/atau data perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPRS Amanah Sejahtera Cabang Lamongan menggunakan strategi pemasaran marketing mix 4P, yaitu product, price, promotion, dan place. Kendala internal yang dihadapi oleh BPRS Amanah Sejahtera Cabang Lamongan selama proses pemasaran yaitu kurang optimalnya penggunaan teknologi dan media sosial, terdapat SDM marketing yang belum mendapatkan pelatihan, dan wilayah pemasaran yang terbatas. Sedangkan kendala eksternal yang dihadapi yaitu kurangnya pemahaman masyarakat dan masih banyak masyarakat yang membandingkan antara bank syariah dan bank konvensional. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada BPRS Amanah Sejahtera Cabang Lamongan agar meningkatkan kualitas kerja karyawan untuk menjaga kepercayaan nasabah agar nasabah memiliki rasa loyalitas terhadap BPRS Amanah Sejahtera Cabang Lamongan. Selain itu, BPRS Amanah Sejahtera Cabang Lamongan juga perlu lebih giat melakukan promosi melalui media sosial. Serta mengadakan program reward untuk nasabah yang memiliki endapan saldo terbanyak. Hal itu juga dilakukan untuk menumbuhkan loyalitas nasabah terhadap BPRS Amanah Sejahtera Cabang Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bhariatta, Elsava Choiruelsavachoirubhariatta@gmail.comG94218167
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasadah, MasadahUNSPECIFIED197812052006042003
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Bauran pemasaran; pembiayaan; strategi pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ELSAVA CHOIRU BHARIATTA
Date Deposited: 28 Apr 2023 07:19
Last Modified: 28 Apr 2023 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60785

Actions (login required)

View Item View Item