Pengaruh lingkungan kerja terhadap kreativitas pegawai dengan motivasi kerja sebagai variabel moderasi pada kantor kementerian agama Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achmad, Kirana Fahira (2023) Pengaruh lingkungan kerja terhadap kreativitas pegawai dengan motivasi kerja sebagai variabel moderasi pada kantor kementerian agama Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kirana Fahira Achmad_B74219043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan kerja terhadap kreativitas pegawai dengan menggunakan motivasi kerja sebagai variabel moderasi pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini juga untuk mengetahui apakah dengan hadirnya variabel moderasi ini dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara lingkungan kerja terhadap kreativitas kerja apakah pengaruh positifnya akan semakin menurun atau meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian asosiatif. Pengolahan data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan Partial Least Square yang biasa dikenal dengan PLS dan menggunakan SPSS untuk uji asumsi klasik. Penelitian ini memberikan jawaban pada rumusan masalah sebanyak tiga rumusan masalah mengenai lingkungan kerja terhadap kreativitas pegawai dengan motivasi kerja sebagai variabel moderasi. Berikut adalah tiga jawaban dari rumusan masalah tersebut: Pertama, dari rumusan masalah pertama didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh signifikan dari lingkungan kerja terhadap kreativitas pegawai. Hasil dari p-values adalah sebesar 0,026 yaitu lebih kecil dari 0,05. Maka dari itu lingkungan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas kerja. Hipotesis pertama yang menyatakan bahwa lingkungan kerja berpengaruh terhadap kreativitas pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo terbukti. Kedua, dari rumusan masalah kedua didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh signifikan dari motivasi kerja terhadap kreativitas pegawai. Hasil p-values adalah sebesar 0,024 yaitu lebih kecil dari 0,05. Maka dari itu motivasi kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas kerja. Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa motivasi kerja berpengaruh terhadap kreativitas pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo terbukti. Ketiga, dari rumusan masalah ketiga didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh signifikan dari variabel moderasi dengan memberikan pengaruh positif antara lingkungan kerja terhadap kreativitas pegawai. Hasil p-values adalah sebesar 0,020 yaitu lebih kecil dari 0,05. Maka hal ini memperlihatkan bahwa variabel moderasi sudah signifikan untuk melakukan pengaruh efek moderasi. Berdasarkan hasil analisa, dapat dinyatakan bahwa variabel moderasi sudah signifikan dalam memberikan pengaruh positif antara lingkungan kerja terhadap kreativitas pegawai agar semakin meningkat. Maka dari hipotesis ketiga menyatakan bahwa semakin tinggi motivasi kerja, maka pengaruh positif antara lingkungan kerja terhadap kreativitas pegawai semakin meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achmad, Kirana Fahirakiranafahiraa@gmail.comB74219043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.kholis@gmail.com2014056601
Subjects: Etos Kerja
Manajemen Dakwah
Sumber Daya Manusia
Keywords: Lingkungan kerja; kreativitas pegawai; motivasi kerja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Kirana Fahira Achmad
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:31
Last Modified: 01 Mar 2023 02:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60786

Actions (login required)

View Item View Item