Konten-konten moderasi beragama dalam portal Ibtimes.id: perspektif hermeneutika Hans George Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Arif Permana (2023) Konten-konten moderasi beragama dalam portal Ibtimes.id: perspektif hermeneutika Hans George Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arif Permana Putra_E91218070 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang moderasi Beragama. Moderasi dalam beragama, terutama agama Islam menjadi penting untuk dibahas. Karena, semakin maraknya kejadian kekerasan yang mengatasnamakan agama dan maraknya pemahaman dalam media online yang memecah belah keharmonisan. Dalam hal kajian ini, peneliti membahas dalam “Portal Ibtimes.id” tentang pembahasan mengenai moderasi beragama menarik untuk dikaji, mengingat banyak artikel yang ada di Portal Ibtimes.id mengarah pada moderasi beragama. Dalam menganalisis Portal Ibtimes.id ini, peneliti menggunakan teori hermeneutika Hans George Gadamer. Dalam skripsi ini permasalahan utama ialah; pertama, bagaimana konten moderasi Beragama di Muhammadiyah dalam Portal Ibtimes.id; kedua, bagaimana konten moderasi Beragama dalam “Portal Ibtimes.id” dianalisis menggunakan teori hermeneutika Hans George Gadamer. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Library Research dan fokus pada website. Hasil penelitian skripsi dalam pemahamannya ini didapatkan melalui beberapa artikel yang membahas Moderasi beragama yang dibangun dari pra-pemahaman yang moderat, kemudian pra-pemahaman disempurnakan dengan pengaruh sejarah Ibtimes.Id yang dilatarbelakangi dari organisasi agama, selanjutnya penafsir bisa memahami teks pada bagian adanya pengetahuan baru seperti, tentang ungkapan Moderasi Beragama di Muhammadiyah mengaitkan moderasi dengan khair (kebaikan) daripada perilaku ekstrim atau perilaku adil menurut ilmu pengetahuan dan hukum. Prinsip-prinsip Manhaj Tarjih juga menekankan bahwa Tarjih memiliki prinsip keterbukaan dan toleransi, yang dijelaskan di artikel yang ada diportal Ibtimes.id tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Arif Permanaarifpasker80@gmail.comE91218070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmam, Muchammad HelmiUNSPECIFIED197905042009011010
Subjects: Dakwah > Dakwah - Filsafat
Keywords: Konten moderasi beragama; hermeneutika Gadamer; portal Ibtimes.id
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Arif Permana Putra
Date Deposited: 28 Apr 2023 06:39
Last Modified: 28 Apr 2023 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60806

Actions (login required)

View Item View Item