Pesan motivasi pengembangan diri dalam Film Imperfect: analisis framing model Robert N. Entman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Meila, Balqies Hayyu Rachma (2023) Pesan motivasi pengembangan diri dalam Film Imperfect: analisis framing model Robert N. Entman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Balqies Hayyu Rachma Meila_B75219047 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggambaran isu dalam film Imperfect dan untuk mengetahui pesan motivasi yang dikonstruksikan dalam film Imperfect. Untuk menganalisis dan mendeskripsikan hal tersebut, penelitian ini menggunakan Analisis Teks Media Framing Model Robert N. Entman. Dalam analisis framing model Entman memiliki empat kerangka yang membedakaan dengan model analisis yang lain yaitu, Define Problems (Pendefinisian Masalah), Diagnose Causes (Memperkirakan Masalah atau Sumber Masalah), Make Moral Judgement (Membuat Keputusan Moral), Treatment Recommendation (Menekankan Penyelesaian). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pada penelitian ini, peneliti menemukan konflik dalam film Imperfect yaitu adanya rasa tidak percaya diri yang dialami oleh tokoh utama Rara karena bentuk badan yang kurang ideal sehingga membuat ia di remehkan oleh lingkungan sekitar. Baik dalam lingkungan keluarga maupun lingkungan kerja, (2) Pesan yang tersampaikan dalam film Imperfect bahwa betapa pentingnya mencintai diri sendiri, karena ketika seseorang sudah mencintai dirinya sendiri maka kebahagiaan akan ikut menyertai. Tidak hanya itu, ketika seseorang sudah mencintai diri sendiri maka akan muncul rasa percaya diri. Hal ini sangat dibutuhkan untuk bersosialisasi baik dengan lingkungan keluarga maupun lingkungan kerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Meila, Balqies Hayyu Rachmabalqieshayyu288@gmail.comB75219047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaksum, ImamUNSPECIFIED2020067303
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Keywords: Pesan motivasi; film; imperfect; framing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Balqies Hayyu Rachma Meila
Date Deposited: 23 Mar 2023 03:25
Last Modified: 23 Mar 2023 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60811

Actions (login required)

View Item View Item