Strategi pemasaran syariah Butik Zuli Amalia dalam menghadapi persaingan bisnis fashion di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Moch. Ainul (2022) Strategi pemasaran syariah Butik Zuli Amalia dalam menghadapi persaingan bisnis fashion di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Ainul Yaqin_G94216183 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Strategi Pemasaran Syariah Butik Zuli Amalia Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Fashion di Kota Surabaya” ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah Bagaimana kondisi persaingan bisnis fashion di kota Surabaya dan bagaimana strategi pemasaran syariah yang diterapkan Butik Zuli Amalia dalam menghadapi persaingan bisnis fashion di kota Surabaya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun penelitian ini merupakan jenis penelitian wawancara mendalam (indepth interview). Pengumpulan data menggunakan dua sumber data, yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pada data sekunder diperoleh dari dokumen, jurnal, buku dan literature yang lainnya. Informan pada penelitian ini yaitu Bapak Yazid Yalim selaku pimpinan butik Zuli Amalia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persaingan bisnis fashion di Kota Surabaya saat ini mengalami persaingan yang semakin ketat. Antusias dan kebutuhan masyarakat akan produk fashion muslim yang semakin tinggi menyebabkan hadirnya para pesaing baru yang turut meramaikan bisnis fashion. Para pesaing baru tersebut menawarkan produk fashion muslim yang modis dan kekinian dengan kapasitas produk yang cukup besar. Kondisi persaingan tersebut menuntut butik Zuli Amalia untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan dan agar mampu bertahan dari para pesaingnya. Dalam menghadapi persaingan bisnis butik Zuli Amalia menerapkan strategi pemasaran yang mengacu pada empat karakteristik pemasaran syariah yakni Rabbaniyah (Teitis), Akhlaqiyyah (Etis), Al-Waqiyyah (Realistis), Al-Insaniyyah (Humanistis) Saran yang diberikan peneliti kepada Butik Zuli Amalia yakni lebih memaksimalkan kecanggihan teknologi saat ini dengan membuka toko online dan melakukan pemesanan melalui aplikasi seperti shopee ataupun sejenisnya serta dalam melakukan promosi lebih menjelaskan secara detail mengenai informasi produk yang mereka jual, khususnya promosi melalui sosial media, seperti Instagram dan WhatsApp.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Moch. AinulMay.pandawa5@gmail.comG94216183
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, FatmahFatmah@uinsby.ac.id2003077501
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Persaingan bisnis; strategi; pemasaran syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Moch. Ainul Yaqin
Date Deposited: 28 Apr 2023 07:52
Last Modified: 28 Apr 2023 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60815

Actions (login required)

View Item View Item