Pengembangan perangkat pembelajaran blended learning berbantu aplikasi e-learning madrasah berbasis kurikulum merdeka belajar untuk melatih kemandirian belajar siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Wahyu Tri (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran blended learning berbantu aplikasi e-learning madrasah berbasis kurikulum merdeka belajar untuk melatih kemandirian belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Tri Cahyani_D04218016 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Wahyu Tri Cahyani_D04218016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Terdapat analisis masalah tentang rendahnya tingkat kemandirian belajar siswa di MA Bilingual Muslimat NU, hal ini muncul ketika pembelajaran matematika berlangsung. Ketika guru menjelaskan materi pembelajaran di kelas, terdapat siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru justru siswa tersebut bergurau dengan teman sebangkunya. Siswa-siswa tidak memiliki inisiatif untuk mencatat penjelasan guru di buku tulis. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran Blended learning berbantu aplikasi E-learning berbasis kurikulum merdeka belajar untuk melatih kemandirian belajar siswa serta kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan perangkat pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau sering disebut dengan Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini membuat dan mengembangkan perangkat pembelajaran Blended learning yang divalidasi dan direvisi berdasarkan masukan para validator serta melakukan uji coba perangkat pembelajaran kepada siswa kelas X IPA 2 di MA Bilingual Muslimat NU Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah field note dan angket. Kemudian data dianalisis dengan teknik kuantitatif deskriptif dan statistic. Penelitian ini diperoleh hasil: (1) RTV modul ajar sebesar 4,60 dan e-learning madrasah sebesar 4,56 termasuk pada kriteria “sangat valid”, (2) nilai kepraktisan pada kriteria “A” dengan rata-rata total nilai modul ajar sebesar 91,33 dan e-learning sebesar 90,54 yang berarti dapat digunakan tanpa direvisi, (3) dinyatakan efektif dengan nilai rata-rata kemandirian belajar siswa secara keseluruhan sebesar 72,01% yang termasuk pada kriteria “baik”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Wahyu Triwahyucahyani.03@gmail.comD04218016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Teknologi
Keywords: Blended learning; e-learning; kurikulum merdeka; kemandirian belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wahyu Tri Cahyani
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:10
Last Modified: 13 Dec 2023 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60833

Actions (login required)

View Item View Item