Peranan program Pos Mikro Baznas Jawa Timur dalam memberdayakan UMKM di Desa Sawotratap

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendi, Yusuf (2020) Peranan program Pos Mikro Baznas Jawa Timur dalam memberdayakan UMKM di Desa Sawotratap. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusuf Efendi_C04213065 ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peranan Program Pos Mikro BAZNAS JATIM dalam Memberdayakan UMKM di Desa Sawotratap” ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana peranan Program Pos Mikro BAZNAS JATIM dalam memberdayakan UMKM di Desa Sawotratap beserta dampak sosial ekonomi terhadap para mustahiq. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan informan dalam penelitian ini, yaitu pengurus Baznas Jatim bagian penyaluran, penerima program bantuan zakat produktif pos mikro Baznas Jatim, dan juga pengurus takmir masjid Sabilinnajah Sawotratap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mustahiq yang menerima program zakat produktif memiliki kesempatan untuk meningkatkan pendapatan usahanya. Hal ini dikarenakan program pos mikro adalah bantuan bergulir yang tidak mengharuskan mustahiq memberikan pengembalian lebih dan waktu pengembalian yang fleksibel dan hanya diminta untuk rutin berinfaq seikhlasnya sehingga tidak ada tekanan dalam melakukan usaha. Namun beberapa Mustahiq ada yang masih belum disebut berdaya dalam hal parameter yang ditetapkan oleh BAZNAS JATIM yaitu meningkatnya penghasilan, rutin berinfaq, dan sholat berjamaah di masjid. Faktor yang mempengaruhi parameter berdaya tersebut belum terpenuhi yaitu pendapatan yang tidak meningkat, tidak terbiasa berinfaq serta lokasi rumah yang jauh dari masjid. Melihat keadaan mustahiq yang seperti itu, BAZNAS Jatim hendaknya melakukan evaluasi terhadap penjaringan peserta program pos mikro, serta secara berkala melakukan edukasi terhadap mustahiq penerima program. BAZNAS Jatim diharapkan lebih banyak menjangkau calon mustahiq penerima program namun dengan tetap memperhatikan potensi penerima program dan parameter berdaya yang ditetapkan agar program ini dapat terlaksana lebih baik kedepannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendi, Yusufyus.7efen@gmail.comC04213065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Ekonomi Islam
Industri RumahTangga
Industri Kecil
Pemberdayaan
Zakat
Keywords: Program Pos Mikro Baznas; UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yusuf Efendi
Date Deposited: 02 May 2023 07:37
Last Modified: 02 May 2023 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60836

Actions (login required)

View Item View Item