Anjuran menghindari makan makanan Syubhat bagi penuntut ilmu, perspektif Syaikh Al Zarnuji dalam kitab Ta'lim al Muta'allim: kajian Ma'anil Hadis Riwayat At-Tirmizi 1205

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamida, Uchti Novia (2023) Anjuran menghindari makan makanan Syubhat bagi penuntut ilmu, perspektif Syaikh Al Zarnuji dalam kitab Ta'lim al Muta'allim: kajian Ma'anil Hadis Riwayat At-Tirmizi 1205. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uchti Novia Hamida_E05219042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu faktor ketidakberhasilan seseorang dalam menuntut ilmu adalah karena kurangnya memperhatikan adab-adab menuntut ilmu. Dalam kitab Ta’lim Muta’alim dijelaskan bahwa seorang penuntut ilmu harus mengetahui adab, tata cara dan syarat dalam menuntut ilmu. Diantaranya disebutkan bagi penuntut ilmu untuk memiliki sifat wara’, yang artinya menghindari diri dari hal-hal syubhat. Syubhat merupakan sesuatu yang belum jelas hukumnya diantara halal dan haram. Salah satu contoh yang seringkali terjadi diantara para penuntut ilmu adalah syubhat dalam hal makanan. Dari sinilah, penelitian ini mencoba untuk menganalisa bagaimana pengaruh makanan syubhat terhadap keberhasilan seseorang dalam menuntut ilmu yang merujuk pada kitab Ta’lim Muta’alaim karya Syeikh Az-Zarnuji dengan kajian Ma’anil Hadits Riwayat At-Tirmidzi Nomor Indeks 1205.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamida, Uchti Noviauchtinoviahamida25@gmail.comE05219042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, Idaidarahma@uinsby.ac.id2123017602
Subjects: Hadis
Keywords: Hadis; Syubhat; Ta'lim al Muta'allim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: - Uchti Novia Hamida
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:26
Last Modified: 20 Nov 2023 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60854

Actions (login required)

View Item View Item