Penipuan jual beli tanah dalam perspektif Fiqih Jarimah: studi kasus Polrestabes Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulida, Ahmad Ubaid Muharram (2023) Penipuan jual beli tanah dalam perspektif Fiqih Jarimah: studi kasus Polrestabes Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Ubaid Muharram Maulida_C73218026 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu bentuk kejahatan yang terjadi dilingkungan masyarakat khusnya di kota-kota besar adalah tindak pidana penipuan dengan berbagai modus, salah satunya tentang penipuan jual beli tanah yang dilakukan oleh PT. Barokah Inti Utama yang menjual tanah kavling. Modus yang digunakan adalah membujuk dan membuat para korban percaya dengan perkataan bohong, bahwa tanah kavling tersebut sudah atas nama pelaku, sehingga korban melakukan transaksi dengan pelaku. Faktanya tanah yang hendak dijual merupakan tanah yang masih milik orang lain. Atas kerugian yang ditimbulkan para korban melakukan upaya hukum dengan melaporkan dugaan tindak pidana tersebut kepada pihak kepolisiaan.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris atau jenis penelitian hukum lapangan, dengan mengkaji ketentuan hukum yang berlaku yang telah terjadi dalam kehidupan masyarakat dengan tujuan untuk mengetahui dan menemukan fakta-fakta dan data yang dibutuhkan.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Transaksi jual beli tanah kavling di kawasan Medokan Ayu Kota Surabaya yang dilakukan oleh PT. Barokah inti utama merupakan tindak pidana penipuan karena telah memenuhi unsur-unsur Tindak Pidana Penipuan sebagaimana ketentuan Pasal 378 KUHP karena tanah yang dijual bukan tanah milik PT. Barokah Inti Utama melainkan milik orang lain sehingga tidak memiliki kompetensi untuk menjual tanah kavling tersebut. Dalam perspektif fiqih jinayah penipuan yang dilakukan oleh PT. Barokah Inti Utama termasuk jarimah ta’zir. Adapun rekomendasi yang dihasilkan dari hasil penelitian ini adalah bahwa perlu melakukan proses penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana penipuan dengan memberikan sanksi berat agar tidak terjadi tindak pidana yang serupa serta mengembalikan kerugian yang dialami korban atas penipaun jual beli tanah kavling yang dilakukan oleh PT. Barokah Inti Utama, dan Menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi jual beli tanah, khususnya mengecek terlebih dahulu seluruh legalitas dan/atau sertifikat tanah yang akan dibeli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulida, Ahmad Ubaid Muharramsubaidi724@gmail.comC73218026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsfironi, Mohammadmoh.isfironi@gmail.com2011087001
Subjects: Fikih
Jual Beli
Tanah
Keywords: Jual Beli; Tanah; Fiqih
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ahmad Ubaid Muharram Maulida
Date Deposited: 29 Oct 2023 16:35
Last Modified: 29 Oct 2023 16:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60861

Actions (login required)

View Item View Item