Pengelolaan program kerjasama pendidikan untuk memperkuat kompetensi peserta didik di Sd Muhammadiyah Manyar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fu'adah, Aufi Azmi (2023) Pengelolaan program kerjasama pendidikan untuk memperkuat kompetensi peserta didik di Sd Muhammadiyah Manyar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aufi Azmi Fu'adah_D93218076 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya sekolah yang belum mampu mengelola program kerjasama pendidikan dengan masyarakat ataupun instansi lainnya sesuai dengan kebutuhan sekolah dan peserta didik secara berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan, faktor pendukung dan penghambat, serta dampak pengelolaan program kerjasama pendidikan untuk memperkuat kompetensi peserta didik di SD Muhammadiyah Manyar Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan program kerjasama pendidikan untuk memperkuat kompetensi peserta didik di SD Muhammadiyah Manyar Gresik telah terkelola dengan baik melalui tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. Dimulai dari analisis kebutuhan sekolah, membuat rencana program dan kegiatan kerjasama sekolah. Membentuk kepanitiaan dalam mencari memilih mitra, mensosialisasikan program dan merundingkan sekaligus menyepakati kesepahaman dengan mitra. Melaksanakan program kerjasama berkolaborasi dengan masyarakat ataupun sekolah lain serta memantau, mengevaluasi, dan melaporkan hasil program kerjasama pada forum sabtuan dan tahunan. (2) Faktor pendukung pengelolaan program kerjasama pendidikan yakni perencanaan progam yang tersusun secara sistematis dan komprehensif, kelengkapan sarana dan prasarana, personil sekolah selalu kompak, dan dukungan dari wali murid maupun majelis dikdasmen sedangkan faktor penghambatnya yakni keterbatasan waktu, kemampuan sumber daya, dan pesaing
sekolah memiliki program kerjasama pendidikan yang sama. (3) Pengelolaan program kerjasama pendidikan membawa dampak positif untuk memperkuat kompetensi peserta didik dari segi sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan abad 21 (berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, dan berpikir kreatif serta inovatif) yang mampu menghasilkan suatu karya maupun prestasi di tingkat kabupaten hingga internasional sehingga berdampak pada kualitas pendidikan di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fu'adah, Aufi Azmiaufiaf10@gmail.comD93218076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Alialimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Pengelolaan; program Kerjasama pendidikan; kompetensi peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aufi Azmi Fu'adah
Date Deposited: 03 Nov 2023 14:07
Last Modified: 03 Nov 2023 14:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60874

Actions (login required)

View Item View Item