Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Brilliant Ngingas Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmayanti, Alya Fadila Fitri (2023) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Brilliant Ngingas Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alya Fadila Fitri Ilmayanti_D09218005 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya upaya guru dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Brilliant Ngingas masih belum berkembang terkadang masih membuat anak menjadi mudah bosan tidak tertarik dengan isi cerita. Maka dari itu perlu adanya penelitian untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan bercerita. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Brilliant Ngingas Sidoarjo (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Brilliant Ngingas Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis deskriptif yang metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas TK B1 dan anak kelas TK B1. Analisis data yang prosesnya dimulai dari reduksi data, display data, dan verifikasi. Triangulasi digunakan sebagai teknik pengujian keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan bercerita menggunakan media peraga gambar, anak diberikan kebebasan untuk mengeluarkan imajinasinya, kemudian anak maju satu persatu diberikan kesempatan untuk menceritakan hasi kreativitasnya kembali dengan lantang dan percaya dir (2) Faktor pendukung yaitu guru menggunakan media yang menarik , guru memilih isi cerita yang menyenangkan dan tidak membosankan, guru menyesuaikan gerakan tubuh, mimik wajah, intonasi dalam meningkatkan kemampuan bercerita menyesuaikan dengan isi cerita yang disampaikan oleh guru untuk anak. (3) Faktor Penghambat yaitu guru masih menemukan anak yang kurang komunikasinya dalam berbahasa, anak asyik dengan dunianya sendiri, suasasana kelas yang kurang kondusif, media dan isi cerita yang kurang menari sehingga anak mudah merasa bosan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmayanti, Alya Fadila Fitrialyafadilafitriilmayanti@gmail.comD09218005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Suciptoalqudusnes@gmail.com197311162007101001
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Media
Keywords: Upaya guru; meningkatkan kemampuan bercerita; anak usia 5-6 tahun
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Alya Fadila Fitri Ilmayanti
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:08
Last Modified: 14 Apr 2023 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60876

Actions (login required)

View Item View Item