Pesan dakwah toleransi dalam film "Bumi Itu Bulat": analisis Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maknunah, Luklu'ul (2022) Pesan dakwah toleransi dalam film "Bumi Itu Bulat": analisis Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luklu'ul Maknunah_B71218065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Toleransi adalah elemen dasar yang dibutuhkan dalam kemanusiaan dalam hidup bersosial. Toleransi merupakan tunas dari sikap saling menghargai dan memahami akan adanya perbedaan dalam kehidupan, yang nantinya akan mewujudkan kehidupan yang damai nan minim konflik kemasrakatan. Sebab toleransi ialah sebuah kontrol diri untuk menahan serta menerima perbedaan yang ada didepan mata kita, meski hal tersebut merupakan hal yang salah bagi kita, namun toleransi ada untuk menerima segala perbedaan yang ada, dan lebih bersifat menerima terhadap segala hal. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis teks media model semiotik untuk mengidentifikasi permasalahan secara mendalam. Kemudian peneliti akan menganalisa data dengan Semiotika model Charles Sanders Pierce yakni representamen, objek, dan interpretan. Hasil penelitian mengenai pesan toleransi yang disampaikan dalam film bumi itu bulat, peneliti menemukan aspek toleransi dalam film ini, yaitu Pluralisme, Saling menghormati keputusan orang lain, dan Menghargai keyakinan orang lain. Dalam penelitian ini, diharapkan akan ada peneliti lain yang juga membahas tentang pesan dakwah dan aspek lainnya dalam Film Bumi Itu Bulat untuk melengkapi kekurangan dari hasil penelitian ini. Hasil penelitian ini hanya terbatas pada nilai dan aspek toleransi yang disampaikan dalam Film Bumi Itu Bulat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maknunah, Luklu'ullukluulm.6900@gmail.comB71218065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdullah--2017126501
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah, Media
Pluralisme
Toleransi
Keywords: Toleransi, Film; Pesan Toleransi; Menghargai Sesama; Pluralisme; Semiotika Charles Sanders Pierce
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Luklu'ul Maknunah
Date Deposited: 26 Nov 2023 00:12
Last Modified: 26 Nov 2023 00:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60899

Actions (login required)

View Item View Item