Pesan Dakwah dalam lagu “Tuhan Tahu Kita Mampu ” karya Ali Sastra feat The Jenggot

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Affandy, Firhand Ali (2022) Pesan Dakwah dalam lagu “Tuhan Tahu Kita Mampu ” karya Ali Sastra feat The Jenggot. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firhand Ali Affandy_B91218110 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pesan Dakwah Dalam Lagu Tuhan Tahu Kita Mampu Karya Ali Sastra feat The Jenggot. Skripsi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Lagu menjadi salah satu bentuk kesenian yang memiliki perkembangan pesat di era modern. Dalam kaitannya dengan aktivitas dakwah, telah banyak para pegiat dakwah yang menggunakan lagu sebagai media dalam menyampaikan pesan dakwah kepada penerima dakwah. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan pesan dakwah apa saja yang terkandung dalam lagu “Tuhan Tahu Kita Mampu” Karya Ali Sastra Feat The Jenggot. Mendeskripsikan persoalan penelitian tersebut, peneliti menggunakan jenis metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Hasil penelitian didapatkan sebuah kesimpulan bahwasannya dalam lagu Tuhan Tahu Kita Mampu Karya Ali Sastra feat The Jenggot terdapat pesan dakwah dalam tiga aspek berkaitan dengan datangnya sebuah cobaan hidup. Yaitu pesan dakwah dalam aspek keimanan dengan tetap berbaik sangka kepada Tuhan dan meyakini bahwa cobaan hanyalah ujian belaka. Dalam aspek syariah muamalah adanya sikap saling tolong-menolong antar saudara seiman, dan dalam aspek akhlak baik yaitu diharuskan bersabar dan berusaha dalam menghadapi setiap cobaan yang datang. Rekomendasi dan saran untuk penelitian selanjutnya supaya dapat mengembangkan penelitian ini dari aspek lain serta mendalami wawasan berlandaskan referensi keislaman

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Affandy, Firhand Alifirehandali@gmail.comB91218110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsby.ac.id2021087302
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; Lagu; Analisis wacana kritis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Firhand Ali Affandy
Date Deposited: 12 Nov 2023 01:43
Last Modified: 12 Nov 2023 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60908

Actions (login required)

View Item View Item