Analisis hukum islam terhadap penerapan tarif layanan jasa PT. Ojek Syar’i Indonesia di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Leti (2016) Analisis hukum islam terhadap penerapan tarif layanan jasa PT. Ojek Syar’i Indonesia di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dituangkan dalan dua rumusan masalah yaitu: bagaimana penerapan tarif layanan jasa PT. Ojek Syar’i Indonesia di Surabaya? dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap penerapan tarif layanan jasa PT. Ojek Syar’i Indonesia di Surabaya?.Dalam menyelesaikan skripsi ini, menggunakan metode penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan terakhir dengan telaah pustaka kemudian diolah dengan cara editing, organizing, dan kemudian menganalisis dengan menggunakan kaidah-kaidah dan dalil-dalil yang berkaitan dengan teknik deskriptif kualitatif.Hasil penelitian di perusahaan PT. Ojek Syar’i Indonesia di Surabaya ini ditemukan bahwa penetapan tarif layanan jasa PT. Ojek Syar’i Indonesia ini menggunakan empat akad, yaitu tarif order, tarif jarak minimal, tarif tunggu dan tarif pembatalan. Keempat akad ini berdasarkan perhitungan dan merupakan pertimbangan kebijakan perusahaan. Seperti untuk biaya promo atau bahkan pengembangan usaha perusahaan. Dalam penerapan keempat akad tersebut, jika dianalisis dengan konsep penertapan harga, maka hal itu dibolehkan karena PT. Ojek Syar’i ini merupakan perusahaan yang juga berorientasi profit sehingga dalam penerapan harga pun melihat internal dan eksternal pasar yang mengakibatkan persaingan dan melihat harga menjadi tinggi atau rendahnya dalam suatu perusahaan serta melihat laba rugi yang akan didapatkan oleh perusahaan sendiri. Adapun jika dianalisis dengan hukum Islam ialah bahwa penerapan tarif layanan jasa pada PT. Ojek Syar’i ini dibolehkan karena kemaslahatannya lebih besar dari pada kemadharatan yang ditimbulkan. Karena dasar-dasar penerapannya sangat logis dan tidak bertentangan dengan syari’at Islam. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada perusahaan PT. Ojek Syar’i Indonesia harus segera membenahi aplikasi yang menjadi sumber transaksi yang memudahkan baik itu untuk pengendara atau penumpang. Karena dengan aplikasi, akad yang dijalankan oleh perusahaan sudah tentu diketahui diawal, baik itu besaran tarif atau bahkan jarak tempuh yang akan dituju oleh pengendara sehingga tidak menimbulkan ketidak jelasan lagi dengan masih menggunakan spidometer motor. Hendaknya perusahaan membuat peraturan dan perubahan kebijakan mengenai Standar Operasioanl Prosedur mengenai penetapan tarif yang akan diterapkan oleh perusahaan kepada pengguna Ojek Syar’i.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Letileti.zieazkia@gmail.comC52212103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukamto, Sukamtokamtoindoraya@yahoo.com2012036001
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Keywords: Tarif Ojek; Ojek Syar'i
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Leti Latifah Salim
Date Deposited: 15 Mar 2016 08:24
Last Modified: 26 Nov 2019 08:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6091

Actions (login required)

View Item View Item