Penguatan kapasitas masyarakat dalam memproduksi energi alternatif melalui pengolahan Briket Cangkang Kemiri Di Dusun Genengsono Desa Pagerjo Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afrizan, Wildan (2023) Penguatan kapasitas masyarakat dalam memproduksi energi alternatif melalui pengolahan Briket Cangkang Kemiri Di Dusun Genengsono Desa Pagerjo Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wildan Afrizan_B52218048 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian laporan akhir ini membahas tentang penguatan kapasitas memproduksi energi alternatif masyarakat dan juga mensejahterakan masyarakat Dusun Genengsono Desa Pagerjo Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto yang mana masyarakat sebagai Subjek penelitian. Dalam kajian ini, masyarakat memfokuskan pada aset potensial yaitu cangkang kemiri di Dusun Genengsono, hal ini menunjukkan perlunya masyarakat lebih cermat dalam menemukan dan mengenali aset dan potensi yang ada di sekitarnya. Setelah diproses, cangkang kemiri digunakan untuk membuat briket, sejenis produk energi alternatif. Penguatan dan pengorganisasian untuk melakukan pemberdayaan masyarakat didalam penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yang mana adalah pemberdayaan masyarakat dengan mengangkat aset dan potensi sebagai media pemberdayaan. Dan juga cangkang kemiri yang sudah menjadi briket bisa menjawab tantangan zaman mengenai energi alternatif.Perubahan sosial yang terjadi dimasyarakat setalah adanya proses pemberdayaan ini adalah munculnya sifat kesadaran dan kecermatan didalam menggali aset dan potensi, dan juga aset dan potensi tersebut ternyata bisa menjadi media menjawab tantangan zaman, bahkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afrizan, Wildanakuavriz@gmail.comB52218048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Mohanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Cangkang Kemiri; Briket; Energi Alternatif; Pendampingan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email akuavriz@gmail.com
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:18
Last Modified: 17 Nov 2023 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60950

Actions (login required)

View Item View Item