Peranan Mbah Kaji Zainal dalam penyebaran Islam di Desa Plabuhanrejo Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan (1882-1972M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Sita Arum (2023) Peranan Mbah Kaji Zainal dalam penyebaran Islam di Desa Plabuhanrejo Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan (1882-1972M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sita Arum Damayanti_A92217087 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan historis untuk menjelaskan mengenai biografi Mbah Kaji Zainal yang meliputi latar belakang keluarga, pendidikan, masa menjabat sebagai kepala desa hingga karya dan peninggalannya. Teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah teori peran untuk menganalisis peranan Mbah Kaji Zainal dalam menyebarkan Islam di desa Plabuhanrejo. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan beberapa tahapan meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi atau analisis data dan historiografi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1) Desa Plabuhanrejo merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan.Masyarakat desa Plabuhanrejo banyak menjadi petani, oleh karena itu mereka memanfaatkan dengan baik teknologi canggih untuk aktivitas bercocok tanam dan Masyarakat desa Plabuhanrejo mayoritas beragama Islam. 2) Mbah Kaji Zainal merupakan putra dari Mbah Pauk dan Mbah Sampurah yang lahir pada tahun 1882 M. Beliau merupakan kepala desa kedua di desa Plabuhanrejo dan juga yang berjasa dalam menyebarkan agama Islam di desa Plabuhanrejo.3) Untuk memperluas penyebaran agama Islam di desa Plabuhanrejo, Mbah Kaji Zainal membangun masjid tepat di samping rumahnya yang diberi nama Masjid Al-Ikhlas untuk mengajarkan agama Islam kepada masyarakat dan masyarakat desa Plabuhanrejo menerima dengan baik agama Islam yang diajarkan oleh Mbah Kaji Zainal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Sita Arumsitadamayanti424@gmail.comA92217087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Thesis advisorRidwan, Ridwanridwanabubakar@gmail.com2017075901
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Sejarah Peradaban Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Biografi; Islamisasi; Peranan Tokoh
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Sita Arum Damayanti
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:46
Last Modified: 29 Nov 2023 03:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60972

Actions (login required)

View Item View Item