Dinamika pelayanan publik dalam implementasi Aplikasi Wargaku Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmadhani, Novia (2022) Dinamika pelayanan publik dalam implementasi Aplikasi Wargaku Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novia Rahmadhani_I91218087 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Novia Rahmadhani_I91218087 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti untuk meneliti lebih lanjut mengenai aplikasi wargaku Surabaya, dimana aplikasi ini baru dirilis di masa pemerintahan Eri Cahyadi, walikota Surabaya. Dan baru pertamakali ada aplikasi pengaduan masyarakat di Kota Surabaya, sebelumnya apabila masyarakat Surabaya ingin melakukan pengaduan hanya melalui website dan sosial media. Selain itu alasan yang kedua karena Kota Surabaya dikenal bagus dalam penerapan e-Government, dan sering menerima penghargaan dalam berbagai ajang dan kategori. Rumusan Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Program Aplikasi Wargaku Surabaya (2) Bagaimana Dinamika Pelayanan Publik Pada Penerapan Aplikasi Wargaku Surabaya. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode kualitatif, dimana dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Implementasi Kebijakan yang dikemukakan oleh Van Meter dan Van Horn, yang terdiri dari 6 Variabel, dan Teori pendukung New public service. Dari Hasil Penelitian diketahui bahwa Implementasi Aplikasi wargaku surabaya di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya komunikasi dan informatika kota Surabaya apabila dilihat melalui teori implementasi menurut Van Meter dan Van Horn dapat disimpulkan telah berjalan cukup baik. Akan tetapi dalam pelaksanaannya masih didapati beberapa OPD yang memiliki pengaduan yang menumpuk dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentunya sebagai bahan evaluasi kedepannya sekaligus perlunya pengawasan lebih lanjut oleh Kepala Dinas di setiap OPD lebih ditingkatkan lagi dalam mengontrol penindaklanjutan yang dilaksanakan oleh pelaksana teknis demi memaksimalkan program Aplikasi WargaKu Surabaya. Kemudian dalam melihat Dinamika Penyelenggaraan Pelayanan Publik melalui Implementasi Aplikasi Wargaku Surabaya dengan menggunakan teori new public service, diketahui bahwa pelayanan public dalam implmentasi aplikasi wargaku sudah bersifat efisien dan responsive, namun dari segi komunikasi masih kurang. Dari segi efisien atau kemudahan, masyarakat merasa dimudahkan dengan adanya aplikasi wargaku dalam melakukan pengaduan perihal pelayanan publik, kemudian dari segi responsiveness, masyarakat merasakan adanya respon yang cepat dan tanggap dari OPD yang mana sudah sesuai dengan SOP yang berlaku. Namun berdasarkan temuan di lapangan, dari dimensi komunikasi, masih ditemukan masyarakat yang merasa kurang puas terhadap feedback yang diberikan oleh OPD terkait tindaklanjut terhadap pengaduan yang mereka sampaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmadhani, Novianoviarahmadhani1212@gmail.comI91218087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhaq, M. Zimamulzimamulkhaq@ymail.com--
Subjects: Kebijakan Publik
Keywords: Implementasi; Pelayanan Publik; Aplikasi Wargaku Surabaya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Novia Rahmadhani
Date Deposited: 19 Dec 2023 04:19
Last Modified: 19 Dec 2023 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60982

Actions (login required)

View Item View Item