peningkatan keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung mata pelajaran al qur’an hadis melalui metode Imla’ pada siswa kelas ii MI Bani Hasyim Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulifah, Aminatus (2023) peningkatan keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung mata pelajaran al qur’an hadis melalui metode Imla’ pada siswa kelas ii MI Bani Hasyim Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aminatus zulifah_D97216097.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti pada guru mata pelajaran Al Qur’an Hadis kelas II MI Bani Hasyim menunjukkan bahwa guru menggunakan metode langsung sehingga sebagian siswa masih rendah dalam keterampilan menulisnya. Hal ini dapat dilihat dari hasilpra-siklus yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa dari24 siswa 41,6% siswa yang keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung mencapai nilai KKM. Oleh karena itu, upaya peneliti melakukan perbaikan dengan melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan metode imla’.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode imla’ dalam peningkatan keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung mata pelajaran Al Qur’an Hadisdi kelas II MI Bani Hasyim kabupaten Gresik?, 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis setelah menggunakan metode imla’ pada siswa kelas II MI Bani Hasyim kabupaten Gresik?.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, penilaian non tes, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas, penerapan metode imla’ dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung diperoleh hasil observasi guru pada siklus I yaitu 75,20 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 88,70 dengan kriteria baik. dan hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 71,15 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 84,61 dengan kriteria baik. adapun nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 69,16 meningkat menjadi 80,41 pada siklus II dengan kriteria baik. serta persentase ketuntasan keterampilan menulis huruf hijaiyah bersambung pada siklus I 62,5% meningkat menjadi 87,5% dengan kriteria baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulifah, Aminatuszifaaminah@gmail.comD97216097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah Bersambung; Al Qur’an Hadis; Metode Imla’.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aminatus Zulifah
Date Deposited: 07 Mar 2023 01:39
Last Modified: 07 Mar 2023 01:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60987

Actions (login required)

View Item View Item