Konversi agama: studi kasus tentang perilaku keagamaan para mualaf dari aliran sapta dharma ke Islam di Dusun Setoyo Dawarblandong Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Ernanda Binti (2023) Konversi agama: studi kasus tentang perilaku keagamaan para mualaf dari aliran sapta dharma ke Islam di Dusun Setoyo Dawarblandong Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ernanda Binti Rahmawati_E92218065.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Mualaf, Konversi, Islam.
Latar belakang masalah penelitian ini berasal dari oleh para mualaf di Mojokerto yang semakin banyak akhir-akhir ini. Setelah menjadi Islam, para mualaf tersebut pastinya belum mengerti betul bagaimana ajaran Islam dan apa saja kewajibannya. Maka para mualaf ini setelah bersyahadat perlu berlatih dan pembiasaan mengenal islam. Seperti yang dilakukan di Setoyo Mojokerto ini yang ikut rutin mengikuti pengajian di ponpes Roudlotut Tholibin. Dengan mengikuti pengajian tersebut para mualaf akan belajar dan memahami Islam secara benar dan mendalam. Dari hal ini penulis membuat penelitian untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai pemahaman para mualaf pasca konversi agama di Setoyo Dawarblandong Mojokerto, mengetahui dan menjelaskan perilaku dan aktivitas keagamaan para mualaf, serta mengetahui dan menjelaskan respon keluarga tentang mualaf tersebut. Metode yang dilakukan adalah metode penelitian kualitatif.Peneliti melakukan pengamatan secara langsung dengan objek terhadap bagaimana mualaf melakukan aktifitas keagamaannya dan seberapa mereka memahami tentang pengetahuan keislaman. Tidak lupa juga penulis melakukan wawancara secara langsung dengan para mualaf tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah para mualaf di Setoyo Dawarblandong Mojokerto telah memahami dengan baik pengetahuan dan pemahaman tentang Islam, yakni Rukun Islam, serta telah melaksanakannya walaupun masih ada yang belum lengkap. Kemudian mereka juga aktif dalam aktivitas keagamaan seperti rutin mengikuti mengikuti pengajian rutin dan acara ke islaman di lingkungan tempat tinggal mereka. Para mualaf ini juga mendapat dukungan yang baik dari keluarga, walaupun ada sebagian yang keluarganya belum menerima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Ernanda Bintiernandabinti@gmail.comE92218065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Agama
Keywords: Mualaf; konversi; Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Ernanda Binti Rahmawati Ernanda
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:06
Last Modified: 02 Mar 2023 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61001

Actions (login required)

View Item View Item